Tokopedia Bagikan Tips dan Trik Sukses Memulai Bisnis Online

Editor: Redaksi author photo

Tokopedia Bagikan Tips dan Trik Sukses Memulai Bisnis Online
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa berupaya mempermudah pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, “Bersama Tokopedia, masyarakat bisa buka toko dengan mudah, kapan pun dan dimana pun hanya lewat genggaman tangan. Kemudahan ini menjadi salah satu pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online.” Selasa (6 Desember 2022).

Ia pun menambahkan, “Saat ini ada lebih dari 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Per November 2022, Tokopedia mencatat Medan, Semarang, Bandung, Jabodetabek, Surabaya sebagai beberapa wilayah dengan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.”

5 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Tokopedia bersama Seller Expert, Jonathan Kho membagikan pondasi utama bagi pelaku bisnis untuk memulai berjualan online di marketplace seperti Tokopedia:

1. Lakukan Riset Produk

Beberapa riset produk yang bisa dilakukan penjual di antaranya adalah mempelajari target market, cek tren produk di pasar, membandingkan harga pasar, serta melihat peluang bisnisnya agar bisa sukses. “Jual produk yang banyak dibutuhkan masyarakat, namun belum banyak ditemukan di platform online. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk dimanfaatkan,” terang Jonathan.

2. Buat Judul dan Deskripsi Produk yang Jelas

Penggunaan huruf besar dan kecil dalam judul perlu diperhatikan. Hindari penggunaan karakter atau symbol yang membuat sulit dibaca atau dicari pada kolom pencarian. “Di Tokopedia saat ini sudah ada fitur varian, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kata varian di judul,” jelas Jonathan.

Ia pun menambahkan, “Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia juga bisa dimanfaatkan untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.”

3. Tampilkan Foto dan Dekorasi Toko yang Menarik

Foto yang ditampilkan harus memperhatikan pencahayaan yang baik serta menggunakan latar belakang putih atau polos. Sedangkan untuk dekorasi toko, penjual harus membuat semenarik mungkin. “Hal ini

dilakukan untuk menjadi pembeda dari toko lain serta mempermudah pembeli melihat promo dan produk unggulan,” tambah Jonathan.

4. Tetapkan Harga yang Pantas

“Agar penghasilan sesuai dengan target profit, penjual dapat menerapkan rumus “Harga jual = Modal : (1- % Target profit),” terang Jonathan.

5. Tentukan Strategi Promosi yang Tepat

Penjual dapat memanfaatkan fitur Promosi Toko untuk menentukan fitur promosi yang ingin digunakan di Tokopedia. Di antaranya TopAds, Broadcast Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas ongkir.

Pemilik usaha Mona Fish, Hartono Samidjan juga turut membagikan pengalamannya. “Fitur TopAds menjadi salah satu andalan dalam mempromosikan ikan-ikan hias saya. Biasanya saya melakukan strategi penggunaan TopAds di akhir pekan dan akhir bulan. Terbukti, fitur ini mendorong jumlah pesanan yang terus meningkat.”

Sementara Marketplace & Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi mengungkapkan, “Sejauh ini, Flash Sale dan Kejar Diskon merupakan fitur yang paling ampuh mendorong penjualan Matchamu.

Terbukti sekitar 45% omzet penjualan kami berasal dari penjualan di Tokopedia.” 

 PROFIL PEMBICARA

Seller Expert, Jonathan Kho (Om Botak)

● Nama Om Botak terinspirasi dari panggilan pelanggan untuk Papa Mertua yang sudah berjualan spare part sepeda sejak 1940-an di Asem Reges.

● Pengalaman Om Botak di dunia e-commerce Indonesia sudah lebih dari 11 tahun.

● Ia memiliki beberapa official stores brand ternama di Tokopedia.

● Om Botak merupakan penulis dari “Marketplace Marketing”.

● Selain itu, ia juga menjabat sebagai Head of Ecommerce Asosiasi Digital Marketing Indonesia. Pemilik

Mona Fish, Hartono Samidjan

● Hartono Samidjan, merupakan Redaktur Pelaksana Harian Suara Merdeka.

● Ia sudah memiliki hobi ikan sejak remaja dan pada tahun 1995 memiliki 45 aquarium yang dijadikan buah tangan untuk tamu.

● 90% ikan yang dijual merupakan hasil ternak sendiri dan dibantu peternak kecil lain di Semarang.

● Mona Fish memiliki ciri khas pengemasan yang sangat sekuat pabrik dan serapi bungkus kado.

● Sejak bergabung di Tokopedia, Ia dapat meningkatkan jumlah penjualan hingga 2x lipat.

Marketplace & Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi

● Monica Bayuasthi, lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, sudah bergabung dengan Matchamu sejak April 2019.

● Hingga hari ini ia berperan sebagai Penanggung Jawab Aktivasi dan Sales Online Matchamu.

● Ia juga ikut bertanggung jawab di bagian Marketing Staff, Project Manager, dan Marketplace & Reseller Specialist.

● Sejak ditangani Monica dan timnya, selama periode 2021-2022, penjualan Matchamu di online berhasil meningkat dengan menggunakan strategi aktivasi dan optimalisasi semua fitur yang ada di Tokopedia seperti TopAds dan Promo, sehingga omzet naik setiap bulannya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini