Semua Daerah Di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Jumat-Sabtu

Editor: Redaksi author photo

Semua Daerah Di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Jumat-Sabtu
KALBARNEWS.CO.ID (BALIKPAPAN) - Semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim berpotensi mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang pada Jumat-Sabtu (23-24/12), sehingga semua pihak diingatkan waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkan. 


"Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Kamis.(22 Desember 2022)

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat. 

Adapun 10 kabupaten/kota tersebut antara lain di Kota Samarinda pada Jumat sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di empat kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang. 

Di Kota Balikpapan pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara. 

Hujan lebat hingga hujan petir di Kota Bontang diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita di tiga kecamatan, yakni Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara. 

Kabupaten Berau pada Jumat sekitar pukul 08.00 dan 11.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Maratua, Batu Putih, Biduk-Biduk, pukul 17.00 wita di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Teluk Bayur. 

Pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan di Berau, dan hujan petir pada Sabtu dini hari, diprakirakan terjadi di Kecamatan Maratua, Pulau Derawan, Batu Putih, dan Biduk-Biduk. 

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan. 

"Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada Jumat sekitar pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 wita di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, Laham, Long Hubung, dan Kecamatan Long Pahangai," kata Yudha. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini