Peran Penting DWP Jaga Ketahanan Keluarga

Editor: Redaksi author photo

Peran Penting DWP Jaga Ketahanan Keluarga
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Tepat hari ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) telah genap berusia 23 tahun sejak didirikannya pada 21 Desember 1999 silam. Di Kota Pontianak sendiri peran DWP dinilai vital dalam memajukan sumber daya manusia. Sudah banyak kontribusi yang dipersembahkan DWP Kota Pontianak bagi kemajuan daerah. Prestasi demi prestasi pun diraih, baik tingkat provinsi hingga nasional. 

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, fungsi DWP diantaranya menjalin silaturahmi antar anggota yang diisi istri-istri ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Dengan demikian memudahkan jalannya proses komunikasi antar ASN. 

"Tujuan akhirnya adalah bagaimana kehidupan ASN itu bahagia dan sejahtera," ungkapnya usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Tahun DWP, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (21 Desember 2022).

Tak terbatas bergerak pada anggota saja, Edi berharap agar gerakan DWP mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada, terlebih dalam dunia pendidikan dan sosial.

Dia berpesan juga agar istri ASN bisa memberi warna dalam rumah tangga, mengingat pekerjaan ASN yang tak jarang memicu persoalan psikis.

"Banyak permasalahan di kota ini yang jadi permasalahan kita bersama, maka perlu pembinaan psikologis dari anggota DWP. Suami pulang kerja jangan malah dibalas cemberut," sebutnya disambut tawa anggota dan OPD yang hadir.

Ketua DWP Kota Pontianak, Eka Suharti Aprilianti menerangkan, peringatan HUT DWP tahun ini mengusung tema 'Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital'. Tema ini, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan kinerja DWP dalam pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

"Selanjutnya untuk menggerakan anggota DWP maupun masyarakat agar cerdas membaca serta meningkatkan silaturahmi antar anggota," paparnya.

Menghadapi era informasi yang kian deras ini, Eka mengajak setiap perempuan memegang peran inti dalam menciptakan ketahanan keluarga. Selaku seorang ibu juga dirinya menuturkan, sudah seharusnya setiap orang tua menjaga pola pikir anak supaya tetap sehat dan positif.

"Mulai dari lahir sampai anak dewasa. Dan sebagai seorang istri, kita harus mendukung tugas suami," imbuhnya.

Memeriahkan HUT ke-23 DWP, serangkaian acara telah digelar oleh DWP Kota Pontianak. Diantaranya melaksanakan workshop etika berbusana, pelatihan membuat makanan berbahan dasar ikan hingga penyerahan beasiswa berprestasi.

"Ada juga berbagi berkah dan tali asih ke panti asuhan dan tuna netra, kemudian lomba master of ceremony, pelatihan pemanfaatan eKatalog daera serta kegiatan donor darah," tutup Eka. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini