Kabupaten OKU Canangkan Gerakan Menanam 10 Juta Pohon

Editor: Redaksi author photo

Kabupaten OKU Canangkan Gerakan Menanam 10 Juta Pohon
KALBARNEWS.CO.ID (BATURAJA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mencanangkan program gerakan menanam 10 juta bibit pohon untuk melestarikan lingkungan sekitar sekaligus mewujudkan daerah swadaya pangan. Rabu (7 Desember 2022).

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten OKU Agus Paharyono di Baturaja, Rabu, menerangkan program ini merupakan gerakan yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Di Kabupaten OKU, kata dia, gerakan menanam pohon ini sudah dilakukan sejak pekan lalu bersama masyarakat di seluruh kecamatan.

Dalam program ini, Pemkab OKU mendapat bantuan sebanyak 38 ribu bibit pohon dari pemerintah pusat untuk ditanam di lahan kosong, termasuk kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan agar tetap lestari.

Adapun puluhan ribu bibit pohon yang ditanam yaitu beranekaragam jenis buah-buahan seperti mangga, petai, durian, dan jengkol.

"Ada juga bibit pohon kayu yang ditanam antara lain jenis kayu karas, medang dan cempaka," katanya.

Dia menjelaskan program ini aksi nyata sebagai komitmen Pemerintah Indonesia dalam melestarikan alam dan menekan dampak perubahan iklim sekaligus mendorong pembudayaan karakter gaya hidup masyarakat agar cinta lingkungan.

Menurut Agus, kegiatan tersebut perlu dilaksanakan sebagai upaya penghijauan, terlebih lagi Kabupaten OKU merupakan salah satu daerah rawan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor
.

Oleh sebab itu, ia berharap, melalui gerakan aksi nyata menanam bibit pohon ini dapat melestarikan lingkungan sekitar sekaligus mengantisipasi bencana alam akibat kurangnya daya resapan air karena banyaknya lahan kritis.

"Seperti kita ketahui kerusakan kawasan hutan dan lahan kritis ini menjadi faktor utama penyebab bencana alam. Untuk itu, melalui gerakan menanam pohon ini diharapkan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat di masa yang akan datang," katanya.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini