Dishub Dan Polda Kaltara Inspeksi Angkutan Umum Jelang Natal

Editor: Redaksi author photo

Dishub Dan Polda Kaltara Inspeksi Angkutan Umum Jelang Natal
KALBARNEWS.CO.ID (TARAKAN) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Kaltara telah melaksanakan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) di berbagai titik menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Ramp check dilakukan terhadap 25 titik rawan kecelakaan di daerah Kabupaten Bulungan, khususnya di lokasi rawan kecelakaan jalur menuju Berau," kata Pelaksana tugas (Plt) Kadishub Kaltara, Andi Nasuha di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu (21 Desember 2022).

Hal tersebut, ujar dia, dilakukan guna memastikan kendaran atau angkutan umum benar-benar layak digunakan.

Andi mengatakan, diperlukan koordinasi secara intensif dengan seluruh pemangku kepentingan yang melakukan pengawasan.

“Diperlukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder, agar inspeksi keselamatan terhadap angkutan umum dapat dilakukan lebih awal serta menyeluruh,” kata Andi.

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Andi menyampaikan bahwa telah melaksanakan pemeriksaan kendaraan mulai dari unsur teknis, administrasi hingga penunjang.

Obyek yang diinspeksi, ujar dia, diantaranya mulai sistem penerangan, ban, perlengkapan kendaraan, fasilitas tanggap darurat, sistem alat kemudi, bagian badan kendaraan dan komponen pendukung serta pengemudi.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan pemeriksaan dari sisi pengemudi serta calon penumpang dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan pihak Jasa Raharja Cabang Tanjung Selor.

“Dari hasil inspeksi, dari total enam bus Damri, tiga di antaranya dinyatakan lulus atau layak beroperasi, sementara tiga bus Damri lainnya, akan kita (Dishub) berikan rekomendasi layak jika telah mengganti ban kendaraannya,” kata Andi.

Sedangkan dari sisi kesehatan pengemudi, dari total enam pengemudi bus Damri yang dilakukan pemeriksaan tes urine, seluruhnya dinyatakan negatif atau bebas dari penyalahgunaan narkotika. Kegiatan inspeksi angkutan umum ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dalam pelayanan angkutan umum, sehingga memastikan angkutan umum yang keluar dari terminal mampu menjamin keselamatan dan pelayanan.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini