Disabilitas Denpasar Tampilkan Kreativitas Seni Peringati HDI 2022

Editor: Redaksi author photo

Disabilitas Denpasar Tampilkan Kreativitas Seni Peringati HDI 2022
KALBARNEWS.CO.ID (DENPASAR) - Penyandang disabilitas di Kota Denpasar, Bali, menampilkan berbagai kreativitas seni bertajuk Gempita Ekspresi Disabilitas dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022 di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar. Sabtu (3 Desember 2022).

"Keterbatasan bukan halangan untuk berkreativitas, hal ini tentu dapat terus kita dukung bersama memberikan semangat serta ruang kreativitas kepada penyandang disabilitas," kata Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa.

Kadek Agus dalam peringatan HDI 2022 menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para disabilitas tuna daksa, tuna netra, tuna rungu, autis, down syndrome yang telah memeriahkan peringatan HDI 2022.

Ia menambahkan program penyandang disabilitas di Kota Denpasar tidak terlepas dari sinergitas bersama para donatur maupun BUMN, perbankan dan perusahaan swasta melalui program CSR.

"Pemkot Denpasar tidak bisa bekerja sendiri dalam memberikan dukungan kepada disabilitas. Hal ini sesuai visi misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan semangat peringatan HDI mampu memberikan kita bersama inspirasi dalam mewujudkan pembangunan di Kota Denpasar.

Ketua K3S Denpasar Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan peringatan HDI untuk bersama-sama memberikan semangat dalam meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi disabilitas.

Peringatan HDI memberikan kesempatan disabilitas untuk menampilkan kreativitas mereka seperti menari, bermain musik, bernyanyi, hingga peragaan busana.

"Tentunya harapan kami secara berkelanjutan semua pihak dalam memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk terus mengasah kreativitas, inovatif dan berbahagia," ujarnya.

Sementara Kadis Sosial, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan peringatan HDI tahun 2022 berlangsung sederhana dengan berbagai agenda acara yang melibatkan disabilitas.

Tema peringatan HDI tahun ini di Kota Denpasar bertajuk "Gempita Ekspresi Disabilitas". Peringatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi bagi mereka penyandang disabilitas di tengah masyarakat.

Dalam menyambut HDI di Kota Denpasar, Dinsos Kota Denpasar telah melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendukung disabilitas agar lebih produktif, mandiri dan bahagia.

Diantaranya pelatihan literasi "Happy Journaling" bagi komunitas bipolar (mental disorder), Parenting Group menguatkan bagi orang tua anak berkebutuhan khusus.

Selain itu menyiapkan tempat khusus bagi disabilitas yakni Graha Nawasena. Di tempat ini mereka dapat memberikan ruang penuh kepada disabilitas Kota Denpasar berwirausaha serta memarken hasil usahanya baik kuliner, art dan kriya.

Graha Nawasena atau Rumah Harapan berarti bersama sama dengan gotong royong saling menaungi memberikan harapan untuk lebih kuat, mandiri dan inovasi disabilitas dapat berlatih kewirausahaan serta melakukan promosi produk.

Kreativitas disabilitas dalam kemeriahan acara HDI tahun 2022 Kota Denpasar yakni datang dari SLB Negeri 2 Denpasar, Yayasan Susrusa, Pusat Layanan Disabilitas, Rumah Berdaya, Yayasan Driaraba, dan Yayasan Sayangi Bali.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini