Bunda PAUD Biak Minta Sekolah Sediakan Pangan Lokal Makan Anak

Editor: Redaksi author photo

Bunda PAUD Biak Minta Sekolah Sediakan Pangan Lokal Makan Anak
KALBARNEWS.CO.ID (BIAK) - Bunda PAUD Kabupaten Biak Numfor, Papua Ruth Naomi Rumkabu meminta guru sekolah dan orang tua anak didik untuk menyediakan pangan lokal untuk bekal makanan anak siswa di sekolah. Kamis (29 Desember 2022).

"Melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal menjadi menu siap saji dan bekal anak PAUD makan di sekolah bisa meningkatkan pemenuhan gizi anak, " ujar Bunda PAUD Biak Ruth Naomi Rumkabu menjawab ANTARA di Biak, Kamis, seusai membuka pelatihan pangan lokal bagi komunitas orang tua PAUD Biak Numfor.

Ia mengatakan saat ini bahan baku pangan lokal cukur tersedia di lingkungan rumah seperti keladi, ikan, pokem (sejenis terigu), sagu, pisang, jagung dan lain-lain.

"Ke semua pangan lokal ini mempunyai asupan gizi seimbang untuk makan anak PAUD di sekolah, " kata Ruth.

Ia berharap, dengan terpenuhi asupan nutrisi gizi untuk anak PAUD di Kabupaten Biak Numfor dapat mencegah gizi buruk dan stunting pada anak.

"Saya optimistis jika anak diberi makan pangan lokal dengan nutrisi asupan gizi anak akan menjadi sehat, kuat, cerdas dan pintar," kata Ruth.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Engelbert Toto mengatakan pelatihan pengolahan menu pangan lokal bagi anak PAUD sebagai tindak lanjut perhatian Pemkab Biak Numfor terhadap tumbuh kembang anak PAUD.

Pelatihan diikuti sebanyak 50 peserta perwakilan orang tua siswa sekolah PAUD Biak Numfor.

"Setelah dari mengikuti pelatihan para komunitas orang tua bisa membuat pangan lokal sendiri untuk kebutuhan makanan anak sendiri yang bergizi dan higienis, " kata Engelbert Toto.

Narasumber pelatihan pengolahan pangan lokal bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK menyajikan menu perkedel keladi ikan, pangsit goreng ikan tuna, stik ikan, sup keladi ikan tuna dan kroket.
 (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini