BKKBN Sulsel Fokus Kembangkan SDM Dan Cegah Stunting Pada 2023

Editor: Redaksi author photo

BKKBN Sulsel Fokus Kembangkan SDM Dan Cegah Stunting Pada 2023
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASASAR) - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Andi Ritamariani mengatakan, program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel fokus mengembangkan SDM dan pencegahan stunting pada 2023.

"Pada 2023 program kegiatan difokuskan pada peningkatan kapasitas SDM dan pencegahan stunting," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Rita di Makassar. Sabtu (17 Desember 2022).

Dia mengatakan, berkaitan dengan program tersebut, maka kini dilakukan penyusunan Juknis dan jadwal kegiatan Percepatan Penurunan Stunting melalui Program Bangga Kencana.

Andi Rita dalam arahannya menekankan agar penyusunan AJK tidak jauh dari Lembar III DIPA dan perlunya kolaborasi antar komponen dalam mengelola Program Bangga Kencana pada 2023.

Adapun arah kebijakan penganggaran kegiatan BKKBN Tahun 2023 berfokus pada peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga melalui siklus hidup manusia dalam upaya mendukung penyiapan SDM berkualitas serta percepatan penurunan stunting.

Dalam upaya berkontribusi terhadap pencapaian indikator RPJMN dan Proyek Prioritas Pembangunan Nasional, lanjut dia, BKKBN berkomitmen melaksanakan kegiatan yang mendukung Pro PN diantaranya memastikan setiap kebutuhan alokon di Faskes terpenuhi termasuk Alokon KBPP.

Selanjutnya, kegiatan tahun 2023 juga berfokus pada Pencatatan dan Pelaporan Alokon di Fasilitas Kesehatan serta memastikan PIK Remaja dan BKR mendapat fasilitasi dan pembinaan Edukasi Kespro dan Gizi bagi Remaja Putri sebagai Calon Ibu.

Di samping itu, kelompok BKL yang mendapat fasilitasi dan pembinaan Pelayanan Ramah Lansia juga menjadi prioritas kegiatan.
Terkait pengelolaan Kampung KB, Fokus kegiatan tahun 2023 adalah Kampung KB Percontohan yang mendapat fasilitasi dan pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (UPPKA), dan Rumah Data Kependudukan Paripurna yang difasilitasi di Kampung KB Percontohan.

Selain itu Keluarga dengan baduta yang mendapatkan fasilitasi dan pembinaan 1000 HPK serta Intensifikasi dan Ekstentifikasi kegiatan Bangga Kencana di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) juga menjadi kegiatan mendukung PRO PN pada 2023.

Andi Rita mengatakan, untuk mendukung Pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Tahun 2023, BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan mendapat dukungan anggaran sebesar Rp224,3 milyar, anggaran ini termasuk belanja gaji pegawai.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini