Akurasi Data Tentukan Keberhasilan Program

Editor: Redaksi author photo

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Zulkarnain
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kebutuhan data menjadi sangat penting untuk mengambil suatu keputusan, tak terkecuali di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Program dan kebijakan yang dibuat juga berdasarkan data-data terbaru dari berbagai sektor dan subsektor.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Zulkarnain selaku Wali Data Kota Pontianak menyampaikan, keakuratan sebuah data menentukan berhasilnya sebuah kebijakan. Oleh karena itu pihaknya senantiasa melakukan koordinasi bersama pihak terkait, mulai dari sesama perangkat daerah maupun Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak.

"Agar data selalu terupdate dan diverifikasi. Data-data itu juga kita tampilkan kepada masyarakat yang ingin melihat, ada data dinamis," sebutnya usai agenda Forum Satu Data Kota Pontianak Tahun 2022, di Aula Muis Amin Bappeda Kota Pontianak, Selasa (27 Desember 2022).

Melalui penyelenggaraan Forum Satu Data Kota Pontianak, Zulkarnain berharap, perangkat daerah dan lembaga terkait dapat menyajikan data yang mudah diakses dan dibagipakaikan kepada masyarakat Kota Pontianak.

"Jadi warga selaku pengguna data akan memperoleh data yang berkualitas, akurat,  mutakhir, valid, terpadu, serta dapat dipertanggungjawabkan," paparnya.

Terlebih di era informasi seperti sekarang, aset digital harus memiliki perlindungan yang ketat dan aman. Kebutuhan masyarakat pun berubah, dari yang semula administrasi dilakukan secara konvensional, namun karena digitalisasi, semuanya beralih ke media elektronik. Atas alasan itu pula, Zulkarnain mengajak aparatur di lingkungan Pemkot Pontianak untuk lebih peka dan tanggap dalam melayani masyarakat. Dengan memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat akan tercipta inovasi-inovasi menarik yang bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi Kota Pontianak.

"Dan juga akan memberikan nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat Kota Pontianak," tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini