55.976 Warga Kabupaten OKU Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Ketiga

Editor: Redaksi author photo

55.976 Warga Kabupaten OKU Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Ketiga
KALBARNEWS.CO.ID (BATURAJA) Sebanyak 55.976 warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan sudah divaksin COVID-19 dosis ketiga dengan presentase 24 persen dari 310.983 target sasaran. Senin (26 Desember 2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Andi Prapto di Baturaja, Senin mengatakan, berdasarkan data per 25 Desember 2022 cakupan program vaksinasi khususnya vaksin penguat untuk masyarakat umum di daerahnya baru terealisasi 24 persen dari target sasaran.

Jumlah tersebut tergolong sangat rendah yang disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat di daerahnya untuk divaksin penguat guna menangkal penyebaran COVID-19.

Sebagian besar masyarakat masih banyak yang beranggapan divaksin hingga dosis kedua atau primer saja sudah cukup untuk membentuk kekebalan tubuh dari penyebaran virus tersebut.

"Padahal dosis primer saja tidak cukup masih diperlukan vaksin lanjutan booster agar terhindar dari COVID-19," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya saat ini menggencarkan sosialisasi tentang pentingnya divaksin dosis ketiga agar masyarakat teredukasi dan mau datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat guna menangkal penyebaran virus corona.

Dinas Kesehatan OKU juga melakukan upaya jemput bola hingga ke desa-desa agar masyarakat yang berada di pelosok desa lebih mudah mendapat vaksinasi COVID-19.

Dalam upaya jemput bola, pihaknya mengerahkan tim kesehatan yang ada di seluruh puskesmas di setiap kecamatan untuk terjun ke lapangan guna mendata warga sekaligus memberikan suntikan vaksin penguat.

Selain itu, untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga pihaknya juga menyediakan pelayanan vaksinasi di beberapa pos pelayanan arus mudik liburan tahun baru di daerah itu.

Hal tersebut sejalan dengan adanya persyaratan dari pemerintah untuk berpergian ke luar kota yang mewajibkan masyarakat minimal sudah divaksin hingga dosis ketiga.

"Untuk persediaan dosis vaksin saat ini cukup banyak guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik liburan tahun baru 2023," ujarnya.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten OKU per 25 Desember 2022 untuk cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai 82,7 persen, dosis kedua 69,3 persen, dan dosis ketiga 24 persen.

"Untuk realisasi vaksin penguat dosis kedua bagi nakes mencapai 40,23 persen dari 3.000 target sasaran," ujarnya.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini