Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Pahlawan Ke - 77

Editor: Redaksi author photo

Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Pahlawan Ke - 77
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)  - Upacara Tabur Bunga dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke - 77 Tahun 2022 yang di gelar di atas Kapal KRI Karotang 872 milik Lantamal XII, Kapal BC20004 milik Bea Cukai, Kapal PSDKP Hiu 11 milik Kementerian Kelautan RI, dan beberapa kapal yang mengiringi diantaranya, Kal Sambas, 2 unit Sae Rider Satrol Lantamal XII dan 1 unit Speed boat Polair Polda Kalbar menelusuri sungai Kapuas dari titik Dermaga Mako Lantamal XII Wajok Hilir menuju Dermaga Satrol Mako Lantamal XII Jeruju Pontianak, Kamis (10 November 2022). 

Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 kali ini mengangkat Tema "Pahlawanku Teladanku ". Bertindak selaku Inspektur upacara Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E dengan Komandan Upacara Mayor Laut (T) Andi Hariadi., dan turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Kalbar, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov. Kalbar, Perwakilan Pangdam XII Tanjungpura, Perwakilan Danlanud Supadio Pontianak, Perwakilan Kapolda Kalimantan Barat, dan Jajaran Lantamal XII Pontianak beserta Jalasenastri dan Pramuka Saka Bahari. 

Saat diwawancara Wadan Lantamal XII menjelaskan bahwa Peringatan Hari Pahlawan ke 77 di atas laut ini dalam rangka mengenang jasa para pahlawan laut baik itu militer maupun sipil yang sudah ikut membantu tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kepada generasi penerus bangsa kami berharap untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan. Jangan sampai kita melupakan sejarah, karena Negara kita bisa besar dan berdiri tegak ini adalah karena jasa-jasa dari para pahlawan. Untuk itu hendaknya apa yang menjadi suri tauladan para pahlawan ini kita ikuti dengan baik, menjadi pelajaran buat kita. Sehingga kedepan kita tetap berjuang demi tegaknya Negara Indonesia ini situasi dan kondisi yang ada sekarang. Dengan ilmu, kemampuan dan teknologi yang kita miliki, Negara Indonesia ini tetap tegak berdiri dan bisa bersaing dan maju bersama negara-negara lainnya," pesan Marinir Budiarso.

Untuk diketahui prosesi upacara diawali dengan Komandan Upacara (Danup) dan kemudian Inspektur Upacara (Irup) yang  memasuki tempat Upacara, kemudian Laporan Danup kepada Irup, serta melakukan Penghormatan kepada Arwah para Pahlawan diiringi dengan Mengheningkan cipta, Pelarungan Bunga dan melakukan Penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan dan kemudian ditutup dengan Pembacaan Doa. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini