Update Bencana Tanah Logsor Selakau, Tiga Hari Di Lokasi Berikut Data Korban Meninggal Dan Yang Selamat

Editor: Redaksi author photo
Update Bencana Tanah Logsor Selakau
KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) – Polres Bengkayang megupdate informasi bencana tanah longsor di Desa Buduk Sempadang, Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas, setelah Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH, sudah tiga hari berada dilokasi longsor bersama aparat terkait untuk melakukan operasi kemanusiaan evakuasi korban yang di duga masih tertimbun longsor di Desa Buduk Sempadang, Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno kepada awak media Minggu pagi (18/09/22) menjelaskan bahwa korban meninggal yang semula diperoleh informasi kini bertambah 1 orang pada hari Sabtu (17 September 2022).

"Namun pada hari Minggu tgl 18 September 2022 jam 09.00 wib diperoleh informasi lagi bahwa korban kritis dari Selakau Timur yang diduga MD ternyata kondisinya masih hidup dan sekarang sudah rawat jalan di rumahnya di Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas,” terang Kapolres.

Kapolres Bayu Suseno memastikan sampai evakuasi hari minggu pagi ini (18/09/22) untuk sementara tercatat  korban meninggal dunia menjadi 4 orang.

Berikut Data Korban meninggal Dunia akibat bencana Tanah longsor di Desa Buduk Sempadang, Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas :

1. Hermanus (42) Warga  Dusun Benawa Bakti RT/RW  007/002 Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

2. Yohanes Naga Alias Oot (19) warga Dusun Pakucing I, RT. 001/RW. 001 Desa Gerantung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

3. Piko warga Desa Sejaruk Param Kecamatan Lembah Bawang  Kabupaten Bengkayang.

4. Tumin Warga Desa Selakau Tua Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas.

Sementara Korban selamat berjumlah 8 orang yaitu :

1. Martinus Warga Dusun Taepi RT/RW 005/001 Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

2. Makarno Warga Dusun Taepi RT/RW 005/002 Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

3. Pitrus Ipit alias Pak Reval Warga Dusun Benawa Bakti Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

4. Benediktus Ayen Warga Dusun Benawa Bakti Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

5. Bombat Warga Dusun Benawa Bakti Desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

6. Yohanes Rudi Warga Dusun Pakucing 1 RT/RW 001/001 Desa Gerantung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

7. Basuni Iyeng Warga Dusun Pakucing 1 RT/RW 001/001 Desa Gerantung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

8. Aldo Firdaus Warga Dusun Pakucing 1 RT/RW 002/001 Desa Gerantung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno mengatakan dalam operasi kemanusiaan ini setiap pagi  tepat Jam 07.00 wib anggota Tim Polres Bengkayang melaksanakan apel pagi di Posko Penanggulangan Bencana. Tim dibagi menjadi 2 Regu.

“Kemudian pada pukul 08.00 hingga 15.00 wib anggota Regu 1 Tim Polres Bengkayang akan melakukan upaya evakuasi korban dengan cara manual di lokasi longsornya tanah yang telah dikeruk menggunakan eksavator pada hari pertama,” jelasnya.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno juga menjelaskan pada pukul 08.00 hingga 12.00 Wib Regu 2 melakukan penyisiran di hutan di sekitar TKP untuk mencari dan menemukan korban yang mungkin berhasil menyelamatkan diri ke dalam hutan utk diberikan pertolongan.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno mengatakan Polres Bengkayang bekerjasama dengan semua pihak terus melakukan upaya kemanusiaan dengan melakukan penyisiran dan pendataan korban dan mengamankan TKP bencana tanah longsor di Desa Buduk Sempadang, Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini