Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB Untuk Kembangkan

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAYAPURA) - Demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia bekerja sama dengan mitra strategis, dalam hal ini Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam kegiatan Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Pelaku UMK Perseorangan Papua di GOR Toware, Jayapura, Papua.  Kamis (1 September 2022).

Acara yang turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia merupakan rangkaian program pendampingan pembuatan dan pemberian NIB yang dilaksanakan di 20 wilayah di Indonesia. Sebagai bentuk dukungan terhadap program ini, Tokopedia memfasilitasi ribuan UMKM dalam mendapatkan NIB. Khusus di Jayapura,Tokopedia memberikan pendampingan kepada 50 pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan dalam pendaftaran NIB melalui aplikasi OSS Indonesia.

“Saya senang penyelenggaraan pendaftaran NIB di luar pulau Jawa, yang pertama dilakukan di Tanah Papua, tepatnya di Jayapura. Karena ternyata produk di Papua sudah sangat baik terutama kualitas dan pengemasannya. Saya berharap agar para pelaku UMK di Papua mulai memanfaatkan platform digital agar penjualannya tidak hanya di tanah Papua, tapi bisa sampai ke luar provinsi.” Joko Widodo dalam sambutannya .

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja kami, termasuk dalam hal ini Tokopedia, yang mendukung keberhasilan acara ini. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian tur ke 20 wilayah atas arahan Bapak Presiden RI. Kami tidak hanya fokus kepada bentuk investasi besar saja, namun juga investasi kecil. Target kami, di Papua akan ada sekitar 200.000 pemilik usaha yang memiliki NIB pada akhir tahun ini.” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia .

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni pada kesempatan yang sama berujar, Tokopedia terus berkomitmen dalam memberikan kontribusi untuk pengembangan  UMKM di Indonesia, hingga ke wilayah timur Indonesia di Papua. Sebagai sebuah super ecosystem,Tokopedia berupaya untuk menjadi sebuah one stop solution platform bagi UMKM baik dari sisi pemasaran dan penjualan hingga pengembangan usaha melalui fasilitasi perizinan usaha.

Selain melakukan pendampingan pendaftaran NIB, Tokopedia juga gencar menghadirkan beragam program melalui inisiatif Hyperlocal demi memudahkan penjual. Seperti teknologi geo-tagging yangbertujuan untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuruIndonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Gencarnya berbagai kampanye turunan inisiatif Hyperlocal turut mendorong tren transaksi di Papua meningkat hampir 3x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan semester 1 2021.

Salah satu UMK Papua yang menjual kue tradisional, Nining Nurmayaningsih menjadi penerima NIB diacara ini.

“Penuh syukur saya berhasil memiliki NIB, terima kasih Tokopedia atas dukungannya dalam pembuatan NIB ini. Saya harap bisnis kue tradisional saya dapat tumbuh dan berkembang lebih besardengan kehadiran ekosistem digital Tokopedia yang memudahkan akses jual-beli produk secara online.Sekarang saya bisa menciptakan beragam pilihan kue basah maupun kering yang dapat dinikmati tidak hanya pembeli di wilayah Papua saja,” ujarnya.

Astri berharap lewat kolaborasi bersama pemerintah melalui Kementerian Investasi ini, Tokopedia tidak hanya mendukung agenda pemerintah sebagaimana yang diamanatkan di UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, namun juga turut membantu para UMK dapat mengembangkan usahanya menjadi Yang Lokal Yang Juara. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini