Lanal Ketapang Laksanakan Penanaman Sorgum Guna Perkuat Ketahanan Pangan

Editor: Redaksi author photo


Lanal Ketapang Laksanakan Penanaman Sorgum Guna Perkuat Ketahanan Pangan

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Lanal Ketapang laksanakan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022.  Gerakan Nasional Penanaman Sorgum serentak dilakukan TNI Angkatan Laut bersama-sama masyarakat dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke -77 Tahun 2022. Jumat (9 September 2022)

Sorgum adalah jenis tanaman serealia yang mudah tumbuh di berbagai jenis lingkungan tanah dan punya potensi besar untuk dikembangkan di wilayah tropis dan kering. Karena budidaya sorgum di lahan kering mudah dilakukan, tanaman pangan tersebut berpotensi dikembangkan di Indonesia khususnya di Ketapang yang mempunyai tekstur tanah yang kering. 

Tanaman sorgum dapat menjadi salah satu alternatif bahan pangan, termasuk sebagai pengganti gandum, padi, jagung dan lain sebagainya. Sorgum bahkan bisa menjadi sumber baru untuk bahan pakan ternak hingga bioetanol dan industri makanan-minuman. biji sorgum punya kandungan nutrisi yang sebanding dengan jagung maupun beras. Biji sorgum yang rendah lemak juga mengandung protein lebih tinggi daripada jagung dan beras. 

"Selain mudah dalam hal perawatan dan penanaman, manfaat sorgum banyak. Tidak hanya bijinya yang bermanfaat, daun dan batangnya pun bisa menjadi pakan ternak dan bahan industri. Selain itu, batang sorgum dapat juga dipakai sebagai media tanam jamur merang" Danlanal Ketapang juga menambahkan "Tanaman sorgum mudah beradaptasi dengan media tanam yang kurang air, tetapi produktivitasnya tinggi. Sorgum juga lebih tahan terhadap hama penyakit dibandingkan padi atau jagung", pungkas Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho,M.Tr Opsla.

Sebelumnya Danlanal Ketapang beserta tamu undangan yang terdiri dari TNI-POLRI,  Forkopimda, Jalasenastri Lanal Ketapang, Dinas Pertanian serta Siswa-siswi SMAN 1 dan SMKN 1 melaksanakan Video Conference bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. yang melaksanakan Penanaman secara serentak pada 77 titik lokasi jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia yang terpusat di Lahan Ketahan Pangan Dispotmar Lantamal III Jakarta yang beralamat di Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut mendapat Apresiasi dari Pemerintah Pusat dan MURI sehingga mendapatkan Rekor MURI. 

Komitmen Lanal Ketapang dalam mewujudkan Swasembada ketahanan pangan nasional telah menjadi program Binpotmar TNI AL sesuai dengan Motto Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI Angkatan Laut pada hari ini "Melalui Penanaman Sorgum Nasional TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim  Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini