Wabup Yohanes Ontot Kunjungi POKTAN Sukses Tani Di Desa Lintang Kapuas

Editor: Redaksi author photo
Wabup Yohanes Ontot Saat Kunjungi POKTAN Sukses Tani 
KALBARNEWS.CO.ID (SANGGAU) - Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, meninjau kelompok tani (POKTAN) Sukses Tani sekaligus ramah tamah dengan Kelompok Tani (POKTAN) di Dusun Mekar Sari Desa Lintang Kapuas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat pada Rabu, (19/01/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh ketua GOW Ny. Yohana Kusbariah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Viktorianus, kepala dinas BPBD, anggota DPRD Kabupaten Sanggau Ratih Kumala Dewi, Danramil serta Kapolsek Kapuas Camat, Iptu Hery Triyana, dan Camat Kapuas.Jemain 

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Sanggau mengapresiasi POKTAN Sukses Tani yang sudah membuat kelompok tani untuk menanam pakan ternak berjenis Odot. Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Kelompok Tani Sukses ini, dapat berkembang serta menjadi contoh bagi yang lainnya. 

"Kita dari Pemerintah Daerah berharap agar bantuan yang diberikan itu, dapat dipelihara dan dikembangkan dengan baik, sehingga itu menjadi modal dasar yang bisa digulirkan kepada poktan, untuk membantu kinerja kelompok yang lain, namun karena ini hanya proses penggemukan, jadi harus rajin memberikan pakan pada ternak, sehingga target penjualannya tercapai," ungkap Wakil Bupati Sanggau.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Kubin, mengatakan bahwa kelompok tani (POKTAN) sukses tani yang bertempat di dusun Mekar Sari, Desa Lintang Kapuas Kecamatan Kapuas, sudah mulai menanam rumput odot untuk pakan ternak sapi mereka. Jenis rumput odot cukup tinggi proteinnya sehingga cocok sebagai pakan untuk penggemukan sapi.

"Rumput odot tumbuh dengan baik dan subur di dusun Mekar Sari. Rumput ini tumbuh cepat sekali. Dapat dipanen dalam 1 bulan setelah tanam.   Poktan menanam sekitar setengah hektar untuk 6 ekor sapinya, ini pun masih kurang pakan rumput tersebut. Poktan juga masih memerlukan pompa air untuk menyiram rumput pakan tersebut. Sumur air tersedia dekat kebun rumput," tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Kubin.

Lajut Kadis, Kemudian poktan juga perlu pendampingan tenaga PPL. Pemerintah daerah Sanggau sudah menempatkan 1 orang PPL di sana sebagai pendamping poktan. Poktan sangat bersemangat dalam usaha ternaknya dan budidaya rumput odot. Poktan juga sangat bangga karena mendapat kunjungan Wabup. Tutupnya. (Yan/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini