Waspadai Banjir Rob Di Kota Pontianak Dan Kubu Raya Kodim 1207/Ptk Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo
Kodim 1207/Ptk Waspadai Banjir Rob Di Kota Pontianak Dan Kubu Raya
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kodim 1207/Pontianak menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka siaga antisipasi bencana alam banjir Rob yang beberapa hari ini melanda Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, dan Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan ini dilaksanakan di Lapangan Makodim 1207/Ptk jalan Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Kamis (09/12/2021)

Pada saat Apel Siaga  tersebut Kepala Staf (Kasdim) 1207/Pontianak, Letkol Arm Moch Rofiq, S.Pd., M.Si., mengatakan Apel Kesiapsiagaan bencana banjir rob ini  dalam upaya menyiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka siaga antisipasi bencana alam banjir Rob.

“Banjir Rob ini adalah merupakan siklus alam yang mana terjadi musiman setiap tahunnya, dan banjir ini pun terjadi dikarenakan naiknya permukaan air laut yang mana kultur tanah di wilayah Pontianak dan Kubu Raya adalah rata dan dataran rendah yang mana ketinggian permukaan tanah hanya selisih beberapa cm saja dari permukaan air laut dan apabila air laut pasang bisa mengakibatkan genangan air dimana-mana,” terangnya.

Letkol Arm Moch Rofiq mengatakan beberapa hari ini pasang surutnya air laut relatif tinggi dari hari-hari biasanya yang mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa jalan dan pemukiman warga di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Kasdim 1207/Ptk ini menambahkan, Apel kesiapsiagaan ini juga untuk membangun sinergitas dengan instansi terkait dan mengkonsolidasikan satuan Kodim 1207/Ptk ini dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam banjir rob yang terjadi di wilayah Kodim 1207/Ptk, dan juga dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.

“Kodim 1207/Ptk sebagai Satuan Kewilayahan harus selalu siap dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat, terutama untuk mengatasi dan menghadapi kemungkinan yang akan terjadi seperti banjir Rob, khususnya di wilayah Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya," ujar Kasdim.

Penanggulangan bencana alam harus di lakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.

"Penanggulangan bencana harus dilakukan dengan prinsip dan cara yang tepat" kata Kasdim.

Selesai melaksanakan apel kesiapsiagaan, dilanjutkan dengan melaksanakan patroli pengecekan potensi dan dampak banjir Rob yang dipimpin oleh Kaurops Kodim 1207/Ptk Kapten Inf M. Ansari, dan patroli dilaksanakan ke tempat tempat yang berpeluang dan dimungkinkan terdampak banjir rob di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Hal senada disampaikan Kaurops Kodim 1207/Ptk, Kapten Inf M. Ansari kepada awak media ada saat Patroli.

"Patroli ini kami laksanakan ke tempat-tempat yang terdampak banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut, meliputi Perumahan Asrama Militer Gatot Subroto dan Asrama Sudirman Sungai Raya wilayah Kec. Sungai Raya Kab. Kubu Raya, dan wilayah Kota Pontianak meliputi Pasar Rakyat Tengah Jln. Tanjung Pura dan Pasar Plamboyan Jln Gaja Mada Pontianak," jelas Kapten Inf M. Ansari.

Kapten Inf M. Ansari mengatakan dari hasil patroli yang dilakukan, terpantau untuk wilayah yang kondisinya paling parah diantaranya pinggiran sepanjang Sungai Kapuas mulai dari Kecamatan Sungai Raya hingga di Jalan Tanjung Pura Kota Pontianak sampai dengan di sekitar Jln. Gusti Sulung Lelanang dekat Makodim 1207/Ptk.

Menyikapi kejadian tersebut, KaurOps Kodim 1207/Ptk Kapten Inf M. Ansari menyatakan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan Instansi terkait lainnya untuk memantau perkembangan situasi dan kondisi banjir rob ini.

"Sudah menjadi tugas TNI Kodim 1207/Ptk untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, yang mana salah satunya ialah penanggulangan bencana alam banjir rob ini," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini