Sebanyak 5 Pesantren Di Kubu Raya Terima Dana Stimulan Poskestren Dari LK PBNU

Editor: Redaksi author photo
Penyerahan Dana Stimulan Poskestren Kepada 5 Ponpes Di Kubu Raya
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Sebanyak 5 Pondok Pesantren Di Kabupaten menerima dana Stimulan Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) yang disampaikan langsung Oleh Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) yang disaksikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Pengasuh Pondok Pesantren serta Kepala Puskesmas di 5 Kecamatan Se Kabupaten Kubu Raya.

Penyerahan dana stimulan tersebut diberikan setelah 5 Pondok Pesantren tersebut mengikuti tahapan pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan sejak Bulan Agustus hingga Awal November 2021.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Daerah Gerakan Masyarakat (Germas) Pondok Pesantren Sehat Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul, S.Pd.I disela-sela acara Silahturahmi dan penandatangan MOU Kerjasama Poskestren di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Jalan Adi Sucipto Sungai Raya, Sabtu (27/11/2021).

“Alhamdulillah Kabupaten Kubu Raya ditunjuk oleh LK PB NU sebagai salah satu daerah yang mendapatkan program ini, selain Kota Pontianak hal ini karena Kabupaten Kubu Raya merupakan Kabupaten yang paling banyak memiliki Pondok Pesantren,” ungkap Edi.

Edi Suhairul yang juga Sekretaris PCNU Kabupaten Kubu Raya ini menyampaikan Apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang sangat mendukung pelaksanaan program ini, hal ini dengan ditandai MOU kerjasama Dinas Kesehatan, Puskesmas bersama Pondok Pesantren, PCNU dan LK PBNU.

Hal senada disampaikan Ketua PCNU, KH Abdussalam, M.Si yang snagat mengapresiasi dukungan dari Dinkes Kesehatan Kubu Raya dan Pendamping Program dari Puskesmas dan LK PBNU.

“Meskipun baru 5 Pondok Pesantren yang menjadi Pilot Projek di Kabupaten Kubu Raya, paling tidak ini akan menjadi rangsangan Pondok Pesantren lain yang belum terpilih untuk segera membentuk Poskestren di Pondoknya masing-masing dan berkoordinasi dengan PCNU Kabupaten Kubu Raya,” ungkapnya.

KH Abdussalam berharap program Pondok Pesantren Sehat ini akan terus dilaksanakan dengan dukungan semua pihak agar semua pondok pesantren bisa menerapkan program Ponpes Sehat dan membentuk Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren).

Hal Senada disampaikan Abdul Said Kabid FPS Dinas Kesehatan Kubu Raya sangat mendukung Program Gerakan Masyarakat Pondok Pesantren Sehat dengan pembentukan Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Kabupaten Kubu Raya, hal ini dibuktikan dengan disusunnya usulan Perbub tentang  Poskestren di Kabupaten Kubu Raya.

“Program Germas ini sudah lama kita laksanakan dan saat ini juga sedang kita usulkan Perbup tentang Poskestren semoag ini akan semakin memprkuat program yang dilaksanakan LK PBNU dan PCNU Kabupaten Kubu Raya kedepanya,” terang Said.

Menyikapi hal tersebut Apt Ahmad Syafi’i Salah Satu Pengurus LK PBNU menyambut baik program yang telah dilaksanakan dandukungan dari Pemerintah Kabnupaten Kubu Raya.

“Saya baru pertama kali ini mendampingi Program Germas Ponpes Sehat dan Poskestren yang disuport penuh oleh semua yang hadir, dari Pemerintah Daerahnya, PCNU, Puskesmas dan Pengasuh Pondok Pesantrenya,” Ungkap Ahmad Syafi’i.

Ahmad Syafi’i mengatakan kedatangan di dua daerah yaitu Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak guna memastikan pendampingan program Germas Pondok Pesantren Sehat dan Pembentukan Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di 5 Ponpes Kubu Raya dan 5 Ponpes Kota Pontianak bisa berjalan dengan baik.

“Kedatangan kami juga menyerahkan Dana Stimulan untu pendukung Poskestren yang ada di Pondok Pesantren tersebut, memang nialinya tidak seberapa tetapi harapan kami ini bisa merangsang pelaksnaan Poskestren tersebut,” pungkas Ahmad Syafi’i. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini