Begini Kondisi Lapas Perempuan Kelas II A Pontianak Pasca Diprotes Warga Binaanya

Editor: Redaksi author photo
Begini Kondisi Lapas Perempuan Kelas II A Pontianak 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pasca aksi protes warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 A Pontianak karena razia handphone yang dilakukan petugas Lapas pada Selasa 28 September 2021 lalu, saat ini kondisi Lapas sudah kondusif, Minggu (03/10/2021).

Berbagai aktivitas dan kegiatan Lapas Perempuan yang beralamat di Desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya Kalbar, sudah berjalan seperti biasa, walaupun masih ada sejumlah program warga binaan yang belum diaktifkan.

"Alhamdulillah semua sudah kondusif, dan kemarin dari Kakanwil bersama Divpas juga sudah datang meninjau untuk memastikan kondusifitas Lapas,, namun demikian kami petugas lapas terus berusaha untuk siaga," ujar Jaleha Khairan Noor Kepala Lapas Perempuan Kelas 2 A Pontianak.

Guna mengantisipasi hak serupa, Jaleha menyampaikan pihaknya terus berusaha melakukan pendekatan yang lebih intens dan humanis kepada seluruh warga binaan, agar mereka dapat mematuhi dan memahami secara sadar peraturan di dalam Lapas.

Pada kesempatan ini, Jaleha pun mengatakan bahwa pada aksi protes dari warga binaan setelah razia tersebut tidak ada pegawai lapas yang disandera oleh warga binaan, dan tidak ada yang mengalami kekerasan.

Adapun 3 petugas lapas pada saat itu memang bertugas di dalam blok warga binaan.

"Sandera tidak ada, mereka memang petugas blok, yang saat itu ada di dalam blok berjaga,"Tuturnya.

Selanjutnya, Kapolsek Sungai Kakap Iptu Sunyitno  yang melakukan sambang rutin dan patroli ke Lapas Perempuan Kelas 2 A Pontianak menyampaikan bahwa pada saat aksi protes itu terjadi pihaknya dari Kepolisian hadir dan mendukung pihak lapas dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif di dalam Lapas.

Dalam prosesnya sendiri seluruh warga binaan berhasil di tenangkan setelah kepolisian dan Lapas melakukan negosiasi secara humanis.

Iptu Sunyitno mengatakan, pihak Polsek dan Lapas Perempuan sendiri telah sejak dahulu selalu berkoordinasi secara rutin, baik guna pendekatan kepada warga binaan, dan pengamanan Lapas secara keseluruhan.

"Sejak dahulu kami dari Kepolisian selalu bersinergi dengan pihak Lapas untuk menciptakan suasana yang kondusif,"tutup Kapolsek Sungai Kakap Iptu Sunyitno. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini