Babinsa Koramil 1207-05/SR Kawal Kunjungan Wakil Menteri Pertanian Di Desa Parit Baru

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Babinsa Parit Baru Koramil 1207-05/Sungai Raya, Kodim 1207/Pontianak melaksanakan pengamanan kunjungan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Harvick Hasnul Qolbi di Desa Parit Baru, Jalan Parit Dua Gang Flomboyan B 5, Kecamatan Sungai  Raya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (03/08/2021).

Kedatangan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Wakil Bupati Sujiwo, Forkopimda, Ketua DPRD, Seketaris Daerah, Kajari dan Para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Kunjungan yang dilakukan Wakil Menteri Pertanian RI ini bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat yakni Varietas Unggul Baru (VUB).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Wakil Menteri Pertanian Harvick, anggota DPR RI Komisi IV Dapil Kubu Raya Maria Lestari serta pejabat terkait memanen padi dengan jenis inpari 46.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan strategi Kepong Bakol yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten dan petani menunjukan hasil yang signifikan sehingga sektor perekonomian dan pertanian di Kubu Raya terus mengalami peningkatan. Bagi Bupati, pangan merupakan panglima dengan tujuan kemandirian pangan utama terlebih wilayah Kubu Raya yang cukup strategis dengan daerah lain.

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dalam sambutannya menyampaikan, kedatangannya di Kabupaten Kubu Raya selain kunjungan kerja juga sebagai agenda silaturahim. Dirinya merasa berbahagia karena kedatangannya disambut antusias warga, meskipun dalam keadaan mendadak.

“Terima kasih kepada seluruh yang hadir, sebenarnya saya sengaja datang mendadak supaya tidak terlalu ramai, tapi Kubu Raya ini meskipun mendadak tetap saja disambut ramai,” sambutnya hangat.

Selanjutnya, Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan harapan agar Pertanian di Kabupaten Kubu Raya lebih maju dari yang ada sekarang ini, “Pertanian sudah harus difokuskan pada hilirisasi mengarah pada agroindustri sehingga bisa semakin menguntungkan,” ucapnya.

Dia berpesan kepada warga tidak hanya menanam padi saja, tetapi juga jenis tanaman lain seperti kacang hijau yang terbilang menguntungkan secara harga dan hanya membutuhkan sedikit air.

Menurutnya, kondisi perekonomian negara mengalami minus akibat pandemi Covid-19, sektor Pertanian menjadi salah satu sektor yang tumbuh positif.

“Kebutuhan pangan 273 juta penduduk Indonesia menjadi tanggung jawab kami, sektor Pertanian harus terus bergeliat, berkembang, Petani adalah pahlawan pangan bangsa,” tandasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini