Megawati Mendapat Penghargaan Bintang Persahabatan dari Presiden Rusia, Begini Ungkapan Lasarus

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden kelima Republik Indonesia menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus memberi selamat atas penghargaan yang diraih oleh Megawati, Sebagai Kader PDI Perjuangan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Lasarus.

"Mewakili segenap keluarga besar PDI Perjuangan Kalimantan Barat, saya mengucapkan selamat kepada Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri atas penghargaan Bintang Persahabatan yang beliau terima dari Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin," kata Lasarus dalam keterangan pers yang dibagikannya kepada awak media, Kamis (3/6/2021).

Lasarus berpendapat, penghargaan Bintang Persahabatan memang layak diberikan kepada Presiden kelima RI itu. Sebab menurutnya, Megawati telah berjasa merawat jalinan hubungan diplomatik yang dirintis oleh Ir. Soekarno tersebut.

"Penghargaan Bintang Persahabatan memang selayaknya diberikan kepada Ibu Ketum karena andilnya dalam menjaga hubungan baik antarkedua negara. Andil itu bahkan masih beliau berikan sampai hari ini, kendati beliau tidak lagi menjabat sebagai Presiden RI," tuturnya.

Penghargaan Bintang Persahabatan dari Presiden Rusia kepada Megawati diserahkan oleh Duta Besar Republik Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva pada Rabu (2/6/2021). Megawati merasa terhormat karena menerima penghargaan tersebut dan mengaku teringat dengan ayahnya, Ir. Soekarno. Ia teringat akan momen bersejarah ketika mendampingi Soekarno yang pada waktu itu masih menjadi Presiden RI menjemput Presiden Rusia pada masa itu, Kliment Voroshilov. Momen itu dinilai Megawati sebagai titik awal hubungan persahabatan Indonesia dengan Rusia.

”Saya tidak pernah lupa ketika saya ikut menjemput Presiden Rusia, pada waktu itu Presiden Voroshilov, ketika berkunjung ke Indonesia. Itulah, menurut saya, sebuah titik awal dari hubungan persahabatan Indonesia dengan Rusia yang telah berjalan sampai saat ini,” tutur Megawati ketika menerima penghargaan tersebut di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). (na/tim liputan).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini