Begini Tradisi Penerimaan Warga Baru Di Kodam XII/Tanjungpura

Editor: Redaksi author photo
Begini Tradisi Penerimaan Warga Baru Di Kodam XII/Tanjungpura

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Sebanyak 136 Prajurit Abit Dikmaba PK TNI AD TA 2020 Kodam XII/Tanjungpura, setelah melaksanakan hanmars sejauh 5 Kilometer dari Tugu Alianyang, mereka disambut dengan acara Tradisi Penerimaan Warga Baru yang berlangsung di lapangan Tugu Khatulistiwa, Makodam XII/Tpr jalan Mayor Alianyang Sungai Raya Kubu Raya,  Jumat (11/06/2021).

Acara penerimaan warga baru dipimpin oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang diwakili Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Widhioseno. Dihadiri oleh para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tpr.

Dalam amanat yang dibacakan Irdam, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, acara tersebut merupakan salah satu metode dalam meningkatkan militansi personel melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, peningkatan peran sejarah dan peningkatan kedisiplinan personel Kodam XII/Tpr dalam rangka mewujudkan profesionalisme organisasi TNI Angkatan Darat.

"Selain itu, untuk memelihara dan menumbuhkan jiwa korsa, kebanggaan dan kecintaan kepada Kodam XII/Tpr serta untuk memotivasi semangat juang Prajurit dalam rangka menumbuhkembangkan Patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian prajurit kapan dan dimanapun bertugas," ujar Pangdam.

Kepada warga baru, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad berharap agar memahami dan mampu mengamalkan Moto Kodam XII/Tpr yaitu, “Carathana Jitavina” yang berarti “Sekali Melangkah Pantang Menyerah”.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Moto tersebut yaitu : Pertama, tidak boleh salah. Kedua, keputusan harus cepat, tepat dan benar. Ketiga, berhasil dalam setiap pelaksanaan tugas apapun. Keempat, tidak mengenal lelah dan pantang gagal. Kelima, semangat yang membara dan tekad membaja. Keenam, selalu ada inisiatif dan solusi. Ketujuh, berbuat yang terbaik demi Satuan, Bangsa dan Negara.

"Saya selaku Pangdam XII/Tpr dan atas nama keluarga besar Kodam XII/Tpr mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam XII/Tpr. Tanamkan dalam diri kalian bahwa tugas di Kodam XII/Tpr ini merupakan suatu amanah," ucapnya.

Oleh karena itu, Jenderal Bintang Dua ini menekankan kepada warga baru untuk memberikan pengabdian yang terbaik, dengan dilandasi tulus dan ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab, karena apapun yang dilakukan dalam kaitan tugas, harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Segera sesuaikan diri dengan lingkungan khususnya tentang tugas dan tanggung jawab yang akan kalian emban selama melaksanakan tugas di lingkungan Kodam XII/Tpr. Pedomani protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, agar kalian terhindar dari penyebaran Covid-19. Sayangi diri, keluarga dan lingkungan," tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (tim liputan).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini