Pemilik 805 Barbershop Gunakan Bakol Produk UMKM Kubu Raya, Begini Harapan Kadispora

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Guna mengurangi sampah plastik serta menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, salah satu Barbershop di Kota Pontianak Memilih menggunakan anyaman bakul asal Kubu Raya untuk diberikan kepada pembeli minyak rambut di tempat tersebut.

Menangapi hal itu Dispora Kubu Raya pun menyambut baik dan berpesan kepada pengrajin di Kubu Raya untuk terus meningkatan produksi dan kreativitas agar dapat semakin dilirik oleh pengusaha lokal maupun luar.

Sampah plastik merupakan benda yang sulit terurai dengan tanah, bahkan sampah plastik dapat tetap utuh selama bertahun-tahun, namun jika dimusnahkan dengan cara di bakar, asap pembakaran dapat mencemari udara.

Sadar akan hal tersebut membuat Heri Rifai pemilik 805 Barbershop yang berada di Kawasan Aming Podomoro berinisiatif menggunakan anyaman bakul dari Desa Sungai Kupah Kecamatan Sungai Kakap, nantinya bakul tersebut digunakan sebagai pengganti plastik untuk konsumen yang membeli minyak rambut di tempatnya.

"Selain perduli terhadap lingkungan hal ini juga termasuk suport yang dapat membantu meningkatkan perekonomian kepada pengrajin yang selama ini turut terdampak akibat pandemi covid-19," Jelas Heri.

Dirinya mengaku jika selama ini tidak menggunakan kantong plastik, sehingga ia mencoba dengan produk yang ramah lingkungan kini dirinya sudah memiliki dua cabang barbershop, dengan dilengkap chapster handal serta sarana penunjang kebutuhan rambut yang diperjual belikan.

Heri menyebut penggunaan bakol ini selain ramah lingkungan tentu dapat digunakan kembali tentunya.

"Mari kepada pengusaha lain untuk dapat menggunakan produk lokal yang tentu lebih ramah lingkungan," Pinta Heri.

Sementara itu Kadispora Kubu Raya Iping Hindrawati menyambut baik adanya permintaan salah satu pengusaha asal pontianak ini, pihaknya kini juga tengah menggencarkan produksi UMKM.

"Produk UMKM di Kubu Raya juga sudah merambah Kabupaten lain baik di Kalbar maupun luar Kalbar," tutur Iping.

 

Iping juga berpesan kepada pengrajin agar dapat terus meningkatkan kreativitas sehingga semakin banyak produk UMKM asal Kubu Raya digunakan masyarakat. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini