Lagi-lagi Satgas Temukan Belasan Kayu Olahan Di Duga Hasil Illegal Loging Di Perbatasan

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) – Lagi-lagi Satgas Yonif 407 amankan belasan kayu olahan saat melaksanakan patroli keamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kecamatan Ketunggau Hulu, Kabupaten Sintang, Selasa (04/05/2021).

Hal itu disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 407 Letkol Inf Catur Irawan di Poskotis Nanga Badau, Ia menjelaskan saat tim Satgas Yonif 407 lakukan Patroli kemudian menemukan kayu olahan tak bertuan di perbatasan RI-Malaysia.

“Saat Satgas Yonif 407 lakukan patroli sebagai upaya meminimalisir kegiatan ilegal dan menjaga patok batas. Di tengah patroli personel Satgas menemukan dan sekaligus mengamankan belasan batang kayu siap angkut diduga hasil pembalakan liar dihutan lindung," kata Letkol Inf Catur Irawan.

Ia menjelaskan, bahwa penemuan kayu yang diduga hasil pembalakan liar tersebut, bermula saat Sertu Yoyok Setyo selaku Wadanpos Gunung Sepan Badak beserta 3 personel Pos sedang melaksanakan patroli keamanan disekitar hutan wilayah Kabupaten Sintang.

Lanjut mengatakan, adapun barang bukti kayu diduga hasil pembalakan liar yang berhasil diamankan personel Pos Gunung Sepan Badak sejumlah 16 batang kayu jenis tekam dengan ukuran 8X12X400 Cm.

"Untuk sementara barang bukti masih berada di lokasi penemuan, dan sudah dilaporkan ke komando atas guna penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Dansatgas juga berharap, agar masyarakat sadar dan tidak lagi melakukan pembalakan liar karena merugikan dan merusak ekosistem hutan, dan apabila ketahuan atau tertangkap maka akan mendapatkan sanksi dari yang berwajib.

"Saya sudah berikan instruksi kepada jajaran Satgas Pamtas Yonif 407, untuk terus memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan penebangan liar," pungkas Dansatgas. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini