Peringati HUT Ke-75, KSAU Harap TNI AU Bertransformasi Air Power Yang Modern

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak pimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 75 tahun TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan di Skanud 1 Lanud Supadio Kubu Raya, Jumat (09/04/2021).

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 TNI Angkatan Udara di Lanud Supadio diikuti semua unsur TNI Angkatan Udara dari organik dan non organik dengan melaksanakan Upacar peringatan di Skuadron Udara Lanud Supadio.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. yang dibacakan Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak mengatakan TNI Angkatan Udara harus bertransformasi dan senantiasa mampu menyesuaikan diri, dalam mewujudkan air power yang sesuai dengan era yang dihadapi.

Transformasi air power yang modern, membutuhkan lebih dari sekedar kepemilikan platform alutsista generasi terkini. Sumber Daya Manusia yang unggul, organisasi yang baik, serta kebijakan yang tepat, akan memiliki peran sentral untuk dapat memaksimalkan peran dan mewujudkan tugas-tugas yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Udara.

“Terlebih lagi, kehadiran TNI Angkatan Udara juga memiliki konteks strategis dalam sebuah negara, dan dapat menjadi faktor langsung maupun tidak langsung, yang turut mendorong tercapainya pembangunan nasional yang berkesinambungan. Kunci meraih keberhasilan dalam mencapai transformasi ini, tentu kembali pada kualitas SDM Angkatan Udara,” tegasnya.

Untuk itu, perbaikan pada sisi pengembangan kualitas SDM, harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Dan berbagai upaya ini membutuhkan dukungan dari seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil TNI Angkatan Udara.

“Sebagai generasi penerus Angkatan Udara, kita berkewajiban untuk melanjutkan tongkat estafet pengabdian ini, dengan semangat yang sama, dan bahkan lebih tinggi. Kita harus optimis, dengan komitmen dan upaya yang kuat dari seluruh unsur, citacita untuk menjadi TNI Angkatan Udara yang disegani, insya Allah dapat segera terwujud,” ujarnya.

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga mengutip amanah Presiden Republik Indonesia kepada segenap prajurit TNIPOLRI di awal tahun 2021 ini, bahwa: 14 “Dari pandemi ini kita belajar bukan hanya untuk menyelesaikan krisis, namun bagaimana mengambil hikmah yang dapat dimanfaatkan demi kemajuan bangsa”.

“Segenap unsur TNI Angkatan Udara, tidak boleh menyerah dan harus tetap bersemangat dalam menghadapi situasi apa pun. Pasti ada hikmah yang dapat kita ambil dari setiap ujian yang dihadapi,” harapnya.

Di akhir amanatnya Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menggugah semangat dan menyampaikan pesan kepada seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Udara, di manapun kalian berada. 15 Terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kalian, dan jadikanlah ibadah dan doa, sebagai landasan perjuangan TNI Angkatan Udara.

“Tumbuhkan kehormatan di dalam diri. Jadilah prajurit profesional yang mampu wujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani. Terus kembangkan semangat juang, untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara, di mana pun kalian berada, melalui TNI Angkatan Udara yang kita cintai,” pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini