Balitbang Kalbar Akan Fokus Perekayasaan Tenaga Surya Terapung Di Pedesaan

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat di tahun 2022 mendatang akan lebih fokus terhadap perekayasan pada tenaga surya terapung untuk Desa-desa tertinggal dan berkembang yang ada di Kabupaten Se-Kalbar, Senin (26/4/21) Pagi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kalbar, Herkulana Mekaryani ketika menjelaskan terkait dengan Seminar Idea Concept Paper  (ICP) guna mengawal pembangunan di Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Hotel Ibis Jalan A Yani Pontianak, Senin (26/04/2021).

Herkulana Mekaryani mengatakan Balitbang bertekad di tahun 2022 akan lebih meningkatkan mutu kualitas atau kwantitas penelitian dan pengembangan, setelah di tahun 2021 ini Balitbang fokus mengawal Desa Mandiri kedepan di tahun 2022 hal tersebut masih terus berlanjut.

Herkulana Mekaryani menjelaskan untuk di tahun 2021 Balitbang telah menjaring 21 Penelitian termasuk Perekayasaan pada tahun 2022 Balitbang akan melakukan perekayasaan Tenaga Surya Terapung untuk Desa Tertinggal dan Berkembang, setelah sempat beberapa waktu lalu sudah melakukan Survey Sumber Daya Air untuk Decohydro di Desa-desa Tertinggal.

" Kerjasama dengan perusahaan tambang dan sawit juga tengah digencarkan mengingat dua bidang tersebut dapat menumbuhkan perekonomian Desa walaupun status desa di sekitar wilayah perusahan tambang dan sawit belum begitu terdorong," Jelas Herkulana.

Sementara itu Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalbar, Drs Junaidi mengatakan jika pihaknya menyambut baik seminar ICP Balitbang yang sejalan dengan Visi Misi Gubernur Kalbar, pihaknya juga berpesan dengan adanya penelitian dari Balitbang dapat meningkatkan perekonomian pasca pandemi covid-19..

"Saya berharap semua penelitian yang diajukan pada hari ini dapat disetujui dan berjalan lancar pada pelaksanaan di tahun 2022," Pungkas Junaidi. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini