Cornelis Panen Perdana Padi Unggul Varietas Milik Sendiri

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (LANDAK) - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, MH melaksanakan Panen Perdana Calon Benih Padi Unggul Varietas Mekongga Benih Pokok (BP) atau Benih Label Unggu, di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Sabtu (13/03/2021).

Cornelis mengatakan bahwa dirinya melaksanakan panen calon benih padi unggul varietas Mekongga bersama anggota kelompok Tani Coba maju.

"Hari saya melaksanakan panen calon benih padi unggul varietas Mekongga label unggu atau benih pokok (PB), Bersama dengan anggota kelompok tani Coba maju di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila," ucap Cornelis.

Ia juga mengatakan bahwa calon benih padi unggul varietas Mekongga label unggu ini adalah Milik dirinya sendiri yang memang dikembangkan untuk menjadi stok benih di Kabupaten Landak dan bahkan untuk di gunakan oleh penangkar-penangkar benih di Kalimantan Barat.

"Calon benih padi unggul varietas Mekongga label unggu ini adalah milik saya sendiri, yang memang dikembangkan untuk memenuhi stok benih di Kabupaten Landak dan bahkan untuk penangkar-penangkar benih padi unggul di Kalimantan Barat dengan tujuan utama saya melaksanakan penangkar benih padi unggul ini untuk memotivasi masyarakat agar mau menanam tanaman pangan, terutama padi disawah, dalam menjaga ketahanan pangan diri sendiri dan keluarga," Ujar Cornelis.

Cornelis juga mengatakan bahwa setelah pengeringan dan pembersihan di lakukan pada calon benih padi unggul varietas mekongga ini akan dilakukan uji laboratorium.

"Uji laboratorium ini dilakukan dua Minggu setelah pengeringan dan pembersihan calon benih padi unggul varietas Mekongga di UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Kalimantan Barat. Setelah uji laboratorium selesai dan calon benih padi unggul varietas Mekongga ini dinyatakan lulus, barulah Benih Padi unggul varietas Mekongga label unggu ini bisa di sebar kepada penangkar-penangkar benih padi unggul yang ada di Kalimantan Barat," tutup Cornelis. (dd/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini