Lanud Supadio Laksanakan Baksos Operasi Gratis Bibir Sumbing di RSAU dr. M. Sutomo

Editor: Redaksi author photo
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - RSAU dr. Mohammad Sutomo Lanud Supadio menjadi tempat dilaksanakan Bakti Sosial Kesehatan berupa pelayanan Operasi Gratis Bibir Sumbing dan CelahLangit.   Kegiatan kemanusiaan ini telaksana berkat kerjasama Lanud Supadio dengan Yayasan Parama Abhipraya dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 TNI.

Kegiatan Kemanusiaan ini dihadiri Bupati Kabupaten Kubu Raya yang diwakili Kadinkes KKR H. Marijan, S.Pd., M.Kes, Kadindukcapil Kubu Raya, perwakilan dari Yayasan Parama Abhipraya dr.Doni, Sp. BP-RE, Kapuskesmas Sui Durian.  Hadir pula para pejabat dijajaran Lanud Supadio danKetua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Imelda Palito Sitorus beserta pengurus.
Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M mengatakan bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan saat ini berupa pelayanan operasi gratis bibir sumbing dan celah langit yang diperuntukkan bagi masyarakat pra sejaterah.

“Lanud Supadio berupaya melihat problematika yang ada dimasyarakat sekitarnya dan berusaha mengabdikan diri secara konkrit. Kegiatan kemanusiaan ini adalah wujud bakti dan kepedulian kepada masyarakat prasejahtera, khususnya yang ada di Kubu Raya,” jelas Danlanud.

Disisi lain, Pangkalan TNI AU Supadio juga bekerja sama denganDinas Kesehatan dan Dinas Dukcapil Kubu Raya dalam pelayanan pencatatan kelahiran anak berupa program bayi lahir bawa akta yang disingka tBalabakta atau kartu identitas anak.

“Program Balakta sangat baik sekali karena mempermudah dalam pencatatan kartu identitas anak sehingga data kependudukan dapat diperoleh atau tercatat sejak dini,” kata Danlanud.

Ditempat yang sama, Kadiskes KKR mengapresiasi kegiatan sosial yang diselenggarakan Lanud Supadio dalam hal ini RSAU. dr. M. Sutomo bersama Yayasan Parama Abhipraya.

“Mewakili Pemda Kubu Raya tentunya kami berterimakasih dengan adanya pelayanan operasi gratis bibir sumbing dan celah langit.  Dengan adaya operasi ini tentunya pasien dapat tersenyum bahagia, “ungkapnya.

Sedangkan Kepala RSAU dr. M. Sutomo Letkol Kes dr. Ary Eko A, Sp.PD., FINASIM menambahkan pada kegiatan social ini terdapat 33 peserta yang memenuhi syarat dari 45 peserta.

“Peserta bukan hanya dari Kubu Raya namun ada yang berasal dari Mempawah, Sintang dan Ketapang.  Kita semua berharap semoga kegiatan operasi berjalan lancar,” tambahnya.

Salah seorang anak yang dioperasi adalah M. Lutfi (10 bulan) sejak lahir menderita bibir sumbing.  Orang tuanya Muhammad Muzammil (35) menyambut baik adanya pelayanan operasi gratis yang diselenggarakan di Rumkit dr. Mohamamad Sutomo. 

“Kami sangat berterimakasih adanya pelayanan operasi gratis bibir sumbing dan celah langit, Semoga operasi yang dijalani anak saya berjalan lancer sehingga anak kami dapat tersenyum seperti anak-anaks eusianya,  terimakasih Lanud Supadio dan Yayasan Parama Abhipraya,” ujar warga Desa Simpang empat, Kec. Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah. (tim liputan).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini