Kepedulian Anggota Satgas Yonif R-641 Bantu Warga Pedalaman Yang Sakit

Editor: Redaksi author photo


KALBARNEWS.CO.ID (SANGGAU) – Anggota TNI Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang bersama warga membantu mengevakuasi Susana Saroi wanita (38 tahun) penderita batu ginjal akut warga Dusun Palapasang, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau ke Puskesmas Entikong dengan menggunakan jalur sungai, Rabu (24/06/2020).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono melalui keterangan tertulisnya pada hari ini di Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat.

Dia menjelaskan, evakuasi berawal dari laporan Kepala Dusun dan Ketua Adat Palapasang kepada Satgas Yonif R-641/Bru bahwasanya seorang warga bernama Susana Saroi sudah 5 tahun, menderita sakit batu ginjal kronis dan kesehatannya tidak kunjung membaik.

"Menurut keterangan dari personel pos selama ini Susana hanya menjalani pengobatan seadanya di rumah sehingga kondisi tubuhnya makin lemah dan tidak mampu lagi berjalan untuk berobat," jelasnya.


Lanjutnya menjelaskan, mendengar berita tersebut, Sertu Bayu Dwi Kusuma bersama tenaga kesehatan  dari Pos Palapasang mengunjungi rumah Susana Saroi guna melihat kondisi kesehatannya. Selanjutnya Satgas Yonif R-641/Bru akhirnya mengusulkan evakuasi ke Puskesmas Entikong untuk mendapatkan penanganan medis yang seharusnya.

"Setelah dilakukan musyawarah bersama dengan keluarga, akhirnya suami Susana mempercayakan evakuasi yang ditawarkan anggota Satgas Yonif R-641/Bru," kata Letkol Inf Kukuh Suharwiyono.

Dansatgas Pamtas mengatakan, evakuasi dilakukan oleh Satgas melalui jalur sungai karena jalan darat menuju Puskesmas yang kondisinya berlumpur, licin dan berbukit-bukit tidak bisa dilewati sepeda motor saat hujan dan beresiko tinggi untuk keselamatan Susana.

"Dengan waktu perjalanan 4 jam menggunakan perahu dan dilanjutkan menggunakan mobil ambulan Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru, akhirnya Susana saat ini telah sampai di Puskesmas Entikong dan mendapatkan perawatan kesehatan yang layak. Kita berharap kesehatannya segera membaik," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini