BREAKING NEWS

MASJID RAYA MUJAHIDIN TIADAKAN SHOLAT IED BERDASARKAN HASIL RAPAT PENGURUS DAN SURAT EDARAN GUBERNUR KALIMANTAN BARAT, KODAM XII/TPR DUKUNG PUTUSAN PENGURUS MASJID RAYA MUJAHIDIN TIADAKAN SHOLAT IED SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PANDEMI COVID-19, DANREM 121/ABW PEDULI PELESTARIAN UDANG DAN IKAN TEBAR BIBIT DI SUNGAI PAWAN KETAPANG, WARGA TANGKAP PENCURI DI JL TRANS KALIMANTAN DAN HAKIMI PENCURI YANG TERTANGKAP TANGAN PUKUL 01:00 WIB DINI HARI

AKBP Yani Permana: Bhabinkamtibmas Jangan Kerja 'ABS'

Redaksi
Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengingatkan seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di jajaran Polres Kubu Raya untuk lebih aktif dalam menjalankan tugasnya sebagai pengemban polmas di desa.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bhabinkamtibas diminta Kapolres untuk tidak menerapkan budaya Asal Bapak Senang (ABS)--suatu budaya yang menggambarkan perilaku bawahan yang hanya melaporkan ihwal yang baik-baik kepada atasan, meski tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.  

"Saya menginginkan Bhabinkamtibmas untuk lebih aktif dan kedepankan aksi di wilayah binaan masing-masing. Kinerja yang dilakukan harus ada manfaatnya bagi masyarakat dan jangan hanya pasang spanduk di warung foto, lalu selfie kirim laporan yang 'Asal Bapak Senang' saja," ucap Kapolres saat bertatap muka dengan 89 Bhabinkamtibmas di Mapolres Kubu Raya beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres juga meminta Bhabinkamtibmas agar melibatkan semua pihak untuk melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing. Para Bhabinkamtibmas juga secara khusus dimintanya untuk lebih gencar menyosialisasikan penggunaan teknologi cuka kayu kepada petani sebagai alternatif cara membuka lahan dengan membakar.

"Ajak petani untuk membuka lahan yang rawan terbakar untuk dijadikan lahan pertanian aktif yang berkelanjutan. Kita saat ini juga sedang mengupayakan setiap satu kelompok tani di satu desa memiliki alat pembuat cuka kayu," ucap Kapolres.

Sebelum menutup arahannya, orang nomor satu di jajaran Polres Kubu Raya itu turut berpesan kepada Bhabinkamtibmas untuk tidak menjalankan tugas yang melampaui kewenangan. Sebab kata dia, tugas pokok, fungsi dan wewenang seorang Bhabinkamtibmas telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015.

Untuk diketahui, saat memimpin tatap muka dengan Bhabinkamtibmas, Kapolres didampingi oleh Waka Polres Kubu Raya Kompol Amin Shiddiq dan Kasat Binmas Iptu Suharto.(tim liputan)

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini