-->

BREAKING NEWS

KEPALA DESA RADAK DUA KEC TERENTANG, DARYANTO DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA TADI MALAM , JUMAT (22/01/2021) DI RUMAH SAKIT UNTAN PONTIANAK, HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Forum Keserasian Desa Muara Baru Ajak Warga Diskusi dan Sarasehan Ciptakan Kondisi Sejuk

Redaksi author photo
Foto Bersaman Forum Keserasian Desa Muara Baru dan Peserta Diskusi Sarasehan

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Forum Keserasian Sosial Desa Muara Baru terus melakukan pembinaan terhadap kehidupan bersosialisasi dan menjalin kebersamaan antar warga desa yang ada.

Hal ini disampaika Ketua Forum Keserasian Desa Muara Baru, Sugianto saat Diskusi Sarasehan tentang Keserasian Sosial di Desa Muara Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tahap kedua yang dilaksanakan di Aula Desa Muara Baru, Sabtu (13/12/1019).

Tahun 2019 merupakan tahun politik dimana, masyarakat Desa Muara Baru dihadapkan pada Pemilu, Pilpres, dan baru saja menyelesaikan Pilkases yang dilaksanakan secara langsung, keadaan menjadi sangat riskan dan masyarakat terkotak-kotak oleh isu yang berkembang.

“Perbedaan pandangan politik baik pilihan partai politik, perbedaan pilihan presiden bahkan yang sangat menghawatirkan perbedaan pilihan kepala desa menyebabkan masayarakat terbawa kepada situasi yang dengan sedikit masalah saja bisa menyebabkan konflik terbuka,” ujar Sugianto.

Masyarakan dapat dengan mudah dibenturkan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab apalagi oknum yang merasa bagian dari pihak yang kalah dalam kontestasi politik sehingga dengan sedikit isu saja menjadikan masyarakat marah dan mudah terpancing dan terjadi konflik.

Sektor ekonomi seringkali menyebabkan masyarakat mudah untuk terombang ambing oleh isu. Kemiskinan juga seringkali menyebabkan masyarakat kurang mendapatkan informasi yang benar karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki.

Hal itulah yang menyebabkan Desa Muara Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu desa yang rawan konflik.

Mengingat kembali bahwa Desa Muara Baru merupakan desa dengan penduduk yang tergolong banyak sehingga akan menjadi terget kanpanye dari para kandidat ataupun tim sukses ditahun politik ini.

Dengan kadar kerentanan terhadap konflik yang cukup tinggi sudah seharusnya Desa Muara Baru menjadi salah satu fokus dari Program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RI diwilayah Kabupaten Kubu Raya.

Menyikapi hal diatas, pengurus Forum Keserasian Sosial Desa Muara Baru mengadakan diskusi tentang keserasian sosial diwilayah Desa Muara Baru dalam merajutkembali tali silarurahmi pasca Pemilu, Pilpres dan Pilkades diatahun 2019 ini.

Diskusi tersebut sangatlah penting sebagai jembatan masyarakat untuk saling merajut kembali tali persaudaraan, mendinginkan kembali situasi pasca Pilkades dan bersama-sama mencari solusi konkrit dari perbedaan yang ada.

Dalam diskusi itu juga dihadiri oleh segenap unsur stekholder yang berkopeten seperti petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya, Babinkamtibmas Desa Muara Baru dan para pejabat Desa Muara Baru.

Masyarakat yang hadir saling berbagi masalahdan saran agar kebersamaan dikalangan masyarakat tetap terjagadan perbedaan memberikan warna dalam kebersamaan. Tak lupa pula pemaparan-pemaparan dari setiap stekholder yang hadir turut menjadi masukan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

Dengan demikian, Program Keserasian Sosial sebagai jembatan pemersatu masyarakat telah menjadi alat ditengah-tengah masyarakat untuk menumbuh kembangkan kembali keharmonisan, persaudaraan, toleransi dan kegotong royongan masyarakat. (tim liputan)

Editor : Aan


Komentar Anda

Berita Terkini