-->

BREAKING NEWS

DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Kodam XII/Tpr Soroti Indikator dan Indeks Ketahanan Dalam Mewujudkan Desa Mandiri

Redaksi author photo
Pasahli Pangdam XII/Tpr, Kolonel Czi Yuda Rusniwan saat berikan materi pada FGD di UPB Pontianak

Pontianak (Kalbarnews.co.id) - Perwira Staf Ahli (Pasahli) Pangdam XII/Tpr Bidang Ideologi dan Politik, Kolonel Czi Yuda Rusniwan menyampaikan Ada 52 Indikator dan 3 Indeks Ketahanan Dalam Mewujudkan Desa Mandiri.

Hal ini disampaikan bersama Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono dan Asisten II Setda Provinsi Kalimantan Barat, Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si menjadi narasumber pada acara Focus Group Discussion yang digelar oleh Polda Kalbar dan Universitas Panca Bhakti di Ballroom Hotel Ibis, Kota Pontianak dengan tema, 'Peran Teknologi Informasi dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Kalimantan Barat, Rabu (16/10/2019).


Pasahli Pangdam XII/Tpr Bid. Ideologi dan Politik, Kolonel Czi Yuda Rusniwan dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang peran dan upaya Kodam XII/Tpr dalam mendukung terwujudnya Desa Mandiri di Kalimantan Barat. Ada 52 indikator agar bisa disebut Desa Mandiri dan terbagi dalam 3 Indeks ketahanan Desa Mandiri yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan.

Dijelaskan, dalam indeks ketahanan sosial Kodam XII/Tpr telah melaksanakan upaya dengan membangun sarana medis,  pendidikan, mendukung tenaga pengajar, gotong royong, penyediaan air bersih serta penanganan konflik.

Untuk indeks ketahanan ekonomi Kodam XII/Tpr telah mendukung dengan melaksanakan pembangunan yang bersifat infrastruktur diantaranya membangun jalan dalam rangka keterbukaan wilayah. Dan untuk di indeks ketahanan lingkungan Kodam XII/Tpr telah berupaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan, melakukan tanggap bencana dan mitigasi.

"Jadi kami Kodam XII/Tpr bersama dengan Pemrov. Kalbar dan Polda Kalbar sudah berjalan membangun di setiap desa," ujar Pasahli Pangdam, Kolonel Czi Yuda Rusniwan.

Selanjutnya disampaikannya juga, bahwa peran Tekhnologi Informasi yang masuk dalam indeks ketahanan sosial, menurutnya dapat dimanfaatkan dalam indeks ketahanan desa mandiri.

"Teknologi Informasi sangat penting yang dapat digunakan dalam semua aspek indikator untuk syarat terwujudnya desa mandiri di Kalimantan Barat," pungkasnya.(tim liputan)

Editor : Heri K
Komentar Anda

Berita Terkini