-->

BREAKING NEWS

TERIMA KASIH TELAH MENGIKUTI INFORMASI DARI KAMI DI WWW.KALBARNEWS.CO.ID, MERASA DIRUGIKAN PT SULTAN RAFLI MANDIRI LAPORKAN OTAK KERUSUHAN AKSI UNJUK RASA BEBERAPA WAKTU YANG LALU DI KETAPANG, DUA ANGGOTA DPRD KAB KUBU RAYA DAN SATU TENAGA KONTRAK DI SEKRETARIAT DPRD KAB KUBU RAYA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, SEMENTARA AKTIFITAS DI SEKRETARIAT DITUTUP SELAMA 7 HARI, APARAT KEPOLISIAN TERUS USUT DAN KEJAR PELAKU PEMBUNUHAN IBU DAN ANAK DI PONTIANAK TIMUR KALIMANTAN BARAT,  

Yusran Anizam: Kabupaten Kubu Raya Penyanggah Pangan di Kalimantan Barat

Redaksi author photo
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam saat hadiri PenyerahanBenih ke Petani di Rasau Jaya

Kubu Raya (Kalbar News) – Kabupaten Kubu Raya sebagai Kabupaten Penyangga pangan bagi Pontianak dan Kalimantan Barat, kini terus melakukan inovasi dan pengembangan serta peningkatan produksi hasil Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura. 

Hal itu disampaikan Pj Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam saat menghadiri acara penyerahan Benih Demplot Kawasan Perdesaan Agropolitan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, Jumat ( 12/04/2019).

Saat ini Kubu Raya masih menjadi wilayah utama sasaran peningkatan dan pengembangan pertanian, tanaman pangan dan holtikultura serta peternakan dan perikanan untuk wilayah Kalimantan Barat. Untuk itu, diharapkan agar konsep-konsep peningkatan hasil dan kualitas pertanian dan peternakan terus dikembangkan dan disampaikan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Yusran mengatakan perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan kawasan pertanian modern yang terintegrasi dengan berbagai kegiatan didalamnya, termasuk kegiatan peternakan.
 
Para Petani Penerima Benih Demplot Kawasan Pedesaan Agropolitan di Rasau Jaya
“Kita hingga saat ini masih menjadi andalan utama penyuplai pangan di Kalimantan Barat, baik holtikultura, padi, sayuran dan ikan serta hasil peternakan lainnya. Untuk itu, kita mengharapkan agar masyarakat terus dapat meningkatkan inovasi dan peningkatan kualitas serta kuantitas hasil pertanian dan peternakan. Kita butuhkan suatu kawasan, pertanian atau kawasan agro yang disamping memberikan hasil pertanian dan peternakan juga sekaligus menjadi wisata,’’ ujar Yusran.

Dikatakan Yusran, Rasau Jasa saat ini menjadi salah satu wilayah penopang hasil pangan di Kubu Raya yang harus terus dapat dikembangkan dengan berbagai teknologi pertanian yang ada. Yang mana peningkatan dan pengelolaan pertanian dan peternakan saat ini dapat semakin potensial dikembangkan seiring dengan semakin besarnya dana yang mengalir ke Desa. Sehingga, Desa dapat melakukan program inovatif melalui BUMDes, untuk kegiatan-kegiatan pertanian dan peternakan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Rasau Jaya memiliki BUMDes bersama yang saat ini menjadi salah satu BUMDes terbaik. Salah satu produk yang dikembangkan oleh BUMDes bersama Rasau Raya adalah komoditi jagung. 

Komoditi jagung masih sangat terbuka pasarnya untuk memenuhi kebutuhan jagung di Kalimantan Barat. Sampai saat ini, kebutuhan jagung pipil Kalimantan Barat masih mendatangkan dari pulau jawa. Sehingga, dengan pengelolaan demplot pertanian jagung yang dikembangkan dirasau jaya, diharapkan kedepan akan mampu memenuhi kebutuhan jagung di Kalimantan Barat.

“BUMDes Rasau Raya ini merupakan salah satu BUMDes yang sudah brkembang dan berhasil di Kubu Raya. Kita berharap dengan pengembangan kawasan agropolitan di Rasau Jaya yang berada dibawah binaan BUMDes Rasau Raya, dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya jagung di Kubu Raya dan Kalimantan Barat, sehingga Kalbar nntinya tidak lagi mendatangkan jagung dari luar,” ujar Yusran.

Sementara itu, Camat Kecamatan Rasau Jaya Suhartono menilai, pihaknya akan terus mendukung dan membangun komunikasi dan koordinasi dengan para petani bersama dengan pemerintah Desa dan BUMDes yang ada untuk mengoptimalkan dan mendorong peningkatan produksi pangan terutama jagung di Rasau Jaya. 

“Alhamdulillah, kawasan Agropolitan ini akan terus dikembangkan dengan berbagai kegiatan pertanian dan peternakan dlaam satu kawasan. Sehingga kita harapkan ini, nantinya akan menjadi daerah maju dan menjadi tujuan wisata agro di sini. Kita akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan bersama-sama dengan teman-teman dan Pemerintah Desa yang tergabung dalam BUMDes bersama Rasau Raya,” terang Suhartono. ( tim liputan)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini