Pangdam XII/TPR: Prajurit dan ASN harus Bersikap Netral pada Pemilu 2019

Editor: Redaksi author photo

Mayjen (TNI) Achmad Supriyadi  Saat berikan Penegasan Netralitas TNI di hadapan Jajaran Kodam XII/TPR

Kubu Raya (Kalbar News) - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen (TNI) Achmad Supriyadi, memberikan pengarahan kepada Seluruh jajaran Kodam XII/Tpr dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 di Aula Makodam XII/Tpr, Jln. Arteri Alianyang Kubu Raya, Selasa (12/03/2019).

Dalam arahanya Pangdam XII/Tpr menekankan kepada prajurit agar menjaga netralitas, pada Pemilu 2019. Sanksi tegaspun akan diberikan, jika ada prajurit Kodam XII/Tpr yang ketahuan tidak netral. 

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengatakan, agar prajurit jangan sampai terpengaruh terhadap pemberitaan-pemberitaan di media sosial yang dapat menggiring kearah ketidak netralan TNI, cukup dibaca saja tidak perlu dikomentari ataupun didiskusikan. 

“Pemilu tahun 2019 menjadi Pemilu yang pertama kali terjadi di dunia dimana secara serentak dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif meliputi DPR RI, DPRD Tk.Provinsi dan DPRD Tk.Kabupaten/Kota serta DPD, dengan demikian pemilih harus menjoblos lima surat suara sekaligus,”  kata Pangdam XII.

Pangdam XII/TPR juga memerintahkan kepada para Dansat agar mensosialisasikan Netralitas TNI kepada seluruh prajurit di satuan masing-masing. 

“Pada prinsipnya Netralitas TNI harga mati, sehingga setiap prajurit harus menjunjung tinggi sikap netralitas TNI, lakukan pendekatan kepada Masyarakat agar memahami arti pentingnya Pemilu,” tegas Pangdam.

Pangdam juga meminta para Dansat tidak hanya fokus pada pengawasan obyek vital namun juga harus mewaspadai adanya pengerahan massa. 

Para Dansat harus memetakan Daerah yang dianggap rawan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan guna terwujudnya Pemilu yang damai.

“Untuk itu pasukan TNI satu minggu sebelum Pemilu dan satu minggu setelah Pemilu harus Standbye on call di titik pengamanan, khususnya  yang sudah di BP kan kepada Polri, agar dipertimbangkan  efektivitas dihadapkan dengan jarak dan waktu tempuh dari satuan ke tempat yang dituju,” ujar Pagdam tegas.

“Saya ingatkan kembali, TNI akan mengawal sukses dan amannya Pemuli 2019 ini, dimulai pentahapan sampai pengiriman logistik ke TPS-TPS, saya akan kerahkan seluruh prajurit sebanyak tujuh Batalyon yang ada di Kodam XII/Tpr untuk mensukseskan Pemilu 2019,” pungkas Pangdam XII. (tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini