Kapolda : Laporkan pelaku Pembakar Lahan, Bila perlu viralkan !. Biar menjadi petunjuk bagi petugas dalam melakukan penindakan

Editor: Redaksi author photo
Kapolda  Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, SH, MH Turun langsung ke lokasi Karhutla di Sui Raya Dalam Ujung (*)

Pontianak (Kalbar News) – Kapolda Kalbar, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, terjun langsung ke lokasi memadamkan api bergabung dengan anggotanya bahu membahu memadamkan api, kali ini lokasi kebakaran itu di berada di Sungai Raya Dalam Ujung, Belakang Komplek Korpri . Luas lahan yang terbakar di atas 20 hektare, Minggu Siang, (22/8/2018).

Kapolda berharap Masyarakat tidak membakar lahan, hutan, pekarangan pada musim kemarau panjang ini, Irjen Pol Didi Haryono, SH MH menegaskan bahwa sumber api yang kecil juga akan berdampak pada potensi kebakaran besar. Maka dari itu, masyarakat diminta jangan  membakar lahan, hutan, pekarangan pada musim kemarau panjang ini.
 
Kapolda Kalbar ikut serta dalam Operasi Pemadaman Karhutla (*)
“Melarang masyarakat melakukan pembakaran lahan, karena akan berdampak besar di musim kemarau ini,” Jelas Kapolda

Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH, juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu memadamkan api kebakaran. Karena hal itu penting dilakukan guna pencegahan.

 “Mengajak masyarakat lebih peduli dan lebih sensitif agar membantu petugas untuk memadamkan lahan-lahan yang terbakar di sekitar lingkungannya,” ujar Didi.

Kapolda juga berharap masyarakat mau dan berani melaporkan serta dokumentasikan orang yang melakukan pembakaran, karena membekar lahan adalah suatu kejahatan jika dilaporkan maka Pihaknya bisa melakukan penindakan, Kapolda juga mengingatkan bahaya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat ini. 

“Bila perlu viralkan!. Biar menjadi petunjuk bagi petugas dalam melakukan penindakan,” tegas Kapolda

Sementara itu Kepada Seluruh Anggota baik TNI dan Polri yang bertugas di lapangan Kapolda juga berharap untuk tetap solid dan jaga sinergitas.

“Perlu kesabaran walau dihadapkan dalam kegiatan pemadaman di sana sini dan jaga keselamatan dari api di lahan gambut yang tidak kelihatan,” kata Kapolda.

Pemadaman dari pagi sampai sore belum selesai. Petugas juga melakukan pemadaman di Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. 

“Saat ini petugas bergerak juga ke Jalan Purnama, tepatnya di belakang Fakultas Ekonomi Universtias Tanjungpura Pontianak,” Jelas Kapolda. (tim liputan)

Editor : Heri K
Share:
Komentar

Berita Terkini