Sy. Syahril Alaydrus di Nobatkan Sebagai Raja Kubu Bergelar Raja Muda

Editor: Redaksi author photo



Kuburaya – Kalbar News
Penobatan Raja Kubu Ke VI, Tuan Besar Raja Kubu Syarif Syahril S.Sos Bin Sy. Usman Bin Sy. Abbas Alaydrus yang di laksanakan, Sabtu (26/8), yang dihadiri ratusan warga masyarakat Kubu dan sekitarnya.

"Secara resmi hari ini Syarif Syahril S.Sos memangku gelar Tuan Besar Raja Kubu untuk menjalankan adat istiadat Kerajaan Kubu yang telah dititahkan," ujar Syarif Husin  Bin Sy Usman Bin Sy Agil Bin Sy Zein Alaydrus Raja Karyamulya pertama yang bergelar Panembahan Istana Kubu.

Acara Penobatan yang berlangsung di Istana Kubu ini, sejak pagi para kerabat dan warga masyarakat datang silih berganti, rebana, tar, Gendang dan juga rombongan marching band bergema mengiringi kedatangan para tamu, sesepuh dan juga kerabat Kerajaan Kubu.
Sebelum penobatan dilangsungkan, Rombongan melakukan Ritual ziarah  kubur ke Makam Syarif Idrus Bin Abdurrahman Alaydrus yang merulakan  Raja kubu Pertama serta kemakam raja Kerajaan Ambawang.

Penobatan itu menjadi kegembiraan bagi masyarakat Kubu yang sejak dahulu tatanan adat Istiadatnya terus terjaga. Kedamaian di Kubu selama ini berkat lestarinya tatanan adat istiadat di Kubu Raya.

Sy. Umar Alaydrus  mengatakan Penobatan Raja Kubu ini berdasar Kesepakatan Musyawarah Tertinggi Majelis Agung Kerajaan Kubu, Ambawang dan Kertamulya tentang Penobatan Syarif Syahril Alaydrus (Raja Muda) dinobatkan sebagai Tuan Besar Raja Kubu yang Bertahta di Istana Raja Kubu VI Syarif Abbaa Bin Sy. Hasan Alaydrus tanggal 13 Agustus 2017 (20 Dzulqa'idah 1438 Hijriah) dan tanggal 20 Agustus 2017 (27 Dzulqa'Idah 1438H) Majelis Agung beserta jajaran telah sepakat untuk mengangkat Syarof Syahril Alaydrus Bin Syarif Usman Bin Syarif Abbas Alaydrus sebagai Tuan Besar Raja Kubu. 

“Majelis Agung perlu mengangkat seorang Raja Istana Raja VI Syarif Abbaa Bin Syarif Hasan Alaydrus mengingat Istana Raja Kubu merupakan Cagar Budaya dan jyga Peninggalan Sejarah yang perlu dikelola dan dilestarikan sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Kubu Raya, Selain itu Syarif Husin Alaydrus juga menambahkan bahwa secara hukum adat Syarof Syahril sebagai Tuan Besar Raja Kubu, sudah dinyatakan sah, sebab di Majelis Agung Kerajaan Kubu sudah disepakati,” Jelasnya

Sementara itu, Syarif Ahyar bin Syarif Alwi Alaydrus menyampaikan bahwa sebagai Tuan Besar Raja Kubu, semoga Syarif Syahril Tuan Besar Raja Kubu bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk membangun Kerajaan Kubu yang lebih baik kedepannya," ujar Syarif Ahyar. (li)

Share:
Komentar

Berita Terkini