KemenPANRB dan Pemkab Sanggau Gelar Forum, Kanim Entikong Siap Berinovasi di Perbatasan

Editor: Redaksi author photo

 KemenPANRB dan Pemkab Sanggau Gelar Forum, Kanim Entikong Siap Berinovasi di Perbatasan
KALBARNEWS.CO.ID (ENTIKONG) - Dalam upaya memperkuat koordinasi dan meningkatkan kualitas pelayananpublik di wilayah 3T, KemenPANRB bersama Pemerintah Kabupaten Sanggaumenggelar Forum Konsultasi Publik Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Wilayah3TKabupaten Sanggau.


Kegiatan ini menjadi wadah penting untuk menjaring masukan, memperdalampemahaman, serta mencari solusi bersama atas berbagai tantangan pelayanan publikdi kawasan perbatasan Indonesia–Malaysia. 


Forum yang diikuti oleh perangkat daerah dan instansi vertikal penyelenggara layananini berfokus pada dua agenda utama, yaitu penyampaian paparan mengenai prosespenyelenggaraan pelayanan publik di masing-masing instansi serta pembahasan terkait kendala dan tantangan dalam melayani masyarakat di wilayah 3T. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyatukan langkah antarinstansi agar pelayananpublik dapat terlaksana secara optimal, efektif, dan adaptif terhadap kondisi geografisserta sosial masyarakat di daerah perbatasan. 


Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Kepala Kantor, Henry Dermawan Simatupang, hadir langsung dan memberikanpemaparan mengenai pelaksanaan layanan keimigrasian di wilayah perbatasanEntikong yang merupakan salah satu titik vital keluar-masuknya Warga NegaraIndonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Dalam paparannya, disampaikan bahwa Kantor Imigrasi Entikong terus berupaya 


Henry Dermawan Simatupang menjelaskan bahwa volume pelayanan keimigrasiandi Entikong relatif tinggi dibandingkan dengan wilayah sejenis lainnya. 


Hal ini dikarenakan Entikong merupakan pintu gerbang utama antara Indonesia danMalaysia, khususnya bagi pekerja migran, pelintas batas tradisional, serta pelakuekonomi lintas negara. Dengan rata-rata pengguna layanan yang terus meningkat setiap tahun, Kantor Imigrasi Entikong dituntut untuk mampu memberikan pelayanan cepat, transparan, dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 


Selain menyampaikan data umum mengenai pengguna layanan, Kantor Imigrasi Entikong juga menguraikan beberapa kendala yang dihadapi dalampenyelenggaraanpelayanan publik di kawasan 3T. 


Meskipun demikian, jajaran Imigrasi Entikong tetap berkomitmen untuk memberikanpelayanan terbaik melalui berbagai inovasi dan sinergi lintas sektor. Kegiatan forum ini juga menjadi momentum penting bagi setiap instansi penyelenggarapelayanan publik untuk saling bertukar pengalaman dan strategi 


Bagi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong, partisipasi dalam kegiatan ini menjadi wujudnyata komitmen dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk memperkuat pelayanan publik di wilayah perbatasan. 


keimigrasian dapat semakin tangguh dalam menghadapi dinamika mobilitas lintasnegara serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara cepat, akurat, danhumanis. (Tim Liputan)

Editor : aan

Share:
Komentar

Berita Terkini