Peran Media Online Di Bulan Ramadhan

Editor: Redaksi author photo

Peran Media Online Di Bulan Ramadhan

KALBARNEWS.CO.ID (OPINI) - Berita atau artikel berisi berbagai ulasan dan kajian yang disajikan media online memiliki kontribusi besar. Peran aktif media online dalam memberi informasi dan pesan-pesan kepada masyarakat sangat besar di tengah perkembangan dan penggunaan teknologi masa kini.

 

Pengaruh yang dihasilkan berdampak pada perkembangan masyarakat baik positif sampai paling negatif sekali pun serta dapat menjadi alasan perubahan dalam kehidupan.

 

Pertimbangan aktualitas sebagaimana terjadi dalam kehidupan menjadi pertimbangan dalam setiap penyampaian termasuk oleh media online.

 

Sehingga etika menjadi bagian penting untuk diperhatikan, tidak hanya internal redaksional namun juga kondisi di luarnya.

 

Profesionalisme pengelola media tidak hanya dalam ukuran formal media positif, namun juga berdasar pada acuan kehidupan manusia, di antaranya dalam kehidupan beragama.

 

Etika dan tata krama dalam bermedia seiring sejalan di antaranya terkait adab di bulan Ramadhan, terlebih i'tikad untuk saling menghormati untuk melaksanakan ibadah seperti puasa.

 

Puasa dalam arti sebagaimana tuntunan untuk tidak makan minum, berhubungan suami istri dan perbuatan dosa yang dapat membatalkan puasa juga mengurangi keutamaan bulan Ramadhan namun justru meningkatkan kebaikan serta meraih kemenangan atas berbagai bentuk kejahatan.

 

Maka bermedia online yang kian marak adalah dengan menyajikan materi yang berkesesuaian. Redaksi yang berperan besar dalam menampilkan suatu tayangan mengambil peran utama untuk mengambil perhatian atas hal tersebut, termasuk gambar-gambar, judul tidak terkecuali deskripsi atau isi berita yang diturunkan.

Sebab menyampaikan kabar adalah perbuatan mulia, maka kesediaan, profesionalitas dan berbagai bentuk daya para pelaku yang berkontribusi di media online menjadi penting.

 

Dengan tidak mengenyampingkan apa yang perlu diketahui masyarakat, prinsip-prinsip atau batasan-batasan perlu untuk dijaga serta sekali lagi memperhatikan tata krama dan kondisi di bulan Ramadhan. Kiranya demikian! (Sumber : Nazwar, S. Fil. I., M. Phil 


(Penulis Lepas Lintas Jogja Sumatera).

Share:
Komentar

Berita Terkini