Perkuat Mitigasi Ekstremisme, FKPT Kalimantan Barat Siap Bersatu Melaju Untuk Indonesia Maju

Editor: Redaksi author photo

FKPT Kalimantan Barat Siap Bersatu Melaju Untuk Indonesia Maju

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)
-  Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalimantan Barat bersama jajaran mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) XI. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 19-22 Februari 2024 di Royal Kuningan Hotel Jakarta.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Menko Polhukam Tito Karnavian, yang juga sebagai Mendagri. Hadir juga pada Rakernas MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, Kepala BNPT Rycko Amelza Dahniel dan tamu undangan dalam dan luar negeri. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh FKPT se Indonesia. (19 Februari 2024).

 

Wajidi Sayadi menjelaskan bahwa kegiatan Rakernas tersebut dalam rangka pelaksanaan program kegiatan dari Subdit Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun anggaran 2023. Rakernas ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program 2023 dan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN-PE) untuk tahun 2024, yang merujuk kepada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024.

 

Salah satu program prioritas yaitu perlindungan perempuan, anak, dan remaja.

 

“Merujuk Perpres Nomor 7 Tahun 2021, RAN-PE akan diturunkan menjadi rencana aksi daerah, khususnya untuk Kalimantan Barat, salah satu program prioritas tahun 2024 yaitu program perlindungan perempuan, anak, dan remaja,”ungkapnya.

 

Wajidi Sayadi mengatakan Ini menjadi program prioritas karena kami melihat ada pergeseran ekstremisme itu yang kini menyasar kalangan remaja. Maka untuk itu mitigasi ekstremisme harus dimulai sedini mungkin pada anak dan kalangan perempuan.

 

“Kedepan juga kami akan melaksanakan program prioritas dibidang agama, media, dan penelitian. Kami melalui FKPT Kalimantan Barat selalu siap siaga dalam mensupport BNPT dalam mewujudkan moto bersatu melaju untuk Indonesia maju,” jelas Wajidi yang juga selaku Wakil Ketua Umum MUI Kalimantan Barat.

 

Perlu kami sampaikan peserta Rakernas dari FKPT Kalimantan Barat terdiri dari Ketua FKPT, Bendahara, Kabid Agama, Sosial dan Budaya; Kabid Perempuan dan Anak, Kabid Pemuda dan Pendidikan, Kabid Media Massa, Hukum, dan Humas, dan Satgas Bidang Pengkajian dan Penelitian, dan Satgas Kesekretariatan. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini