KPK Bersama Kemendagri Gelar Rakornas Implementasi Pendidikan Antikorupsi

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri @kemendagri menyelenggarakan Rakornas Implementasi Pendidikan Antikorupsi, Sebagai upaya penguatan karakter melalui Pendidikan Antikorupsi (PAK) bagi masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring pada hari Selasa (6 Februari 2024).

 

Pada kesempatan tersebut Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango mengatakan bahwa dengan karakter yang kuat integritas pun akan meningkat sehingga korupsi pun dapat diberantas bersama.

 

“Kualitas keilmuan saja belum cukup, diperlukan karakter pelajar Pancasila, Beriman, Bertakwa, Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Identik dengan nilai integritas dan pendidikan antikorupsi bukan sesuatu yang baru bagi tenaga pendidik,” ujarnya.

 

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menegaskan bahwa gerakan antikorupsi di Indonesia harus dilakukan menyeluruh sehingga terlahir generasi penerus dengan pemikiran yang lebih visioner dalam menjauhi praktik dan perilaku koruptif.

 

“Tujuan kita adalah gelombang gerakan antikorupsi di Indonesia besar. Sehingga memiliki dampak mengubah budaya korupsi yang dulu relatif permisif.” jelasnya.

 

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, menyebutkan setidaknya ada 4 syarat implementasi pendidikan antikorupsi secara menyeluruh.

 

“Oleh karena itu, KPK menyiapkan perangkat berupa buku panduan untuk mengimplementasikan PAK yang setidaknya dapat dijadikan standar minimal bagi satuan pendidikan di seluruh daerah,” ujarnya. (Sumber : Humas KPK-RI).

 

Editor : Heri


Share:
Komentar

Berita Terkini