Kepala BKKBN Kalbar Audensi ke Pangdam XII TPR, Dukung Pelayanan KB dan Pencegahan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Kepala BKKBN Kalbar Audensi ke Pangdam XII TPR, Dukung Pelayanan KB dan Pencegahan Stunting

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) 
- Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan melalui Asisten Teritorial (ASTER) Kasdam XII/Tanjungpura (TPR) Kolonel Inf. Ruddy Trenggono menerima kunjungan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kaper BKKBN) Provinsi Kalbar, bertempat di Gedung Makodam XII/Tpr, pada Senin 19 Februari 2024.


Kolonel Inf. Ruddy Trenggono menyambut kedatangan Kaper BKKBN Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar didampingi Penata Kependudukan dan KB Ahli Madya BKKBN Kalbar, Muslimat beserta staf BKKBN Kalbar.


Kolonel Inf. Ruddy Trenggono menyambut baik dan mendukung program BKKBN Kalbar terhadap pelayanan KB dan sosialisasi penanganan Stunting di Kalbar pada kegiatan Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas. 


"Kodam XII/TPR tentunya siap membantu BKKBN Kalbar, karena selama ini juga kita selalu bekerjasama dalam hal kependudukan dan keluarga berencana,"


Ia menyebutkan untuk wilayah Kodam XII/Tanjungpura untuk tahun 2024 ini dari Kasad mengintruksikan untuk TMMD ada 4 gelombang, setiap gelombang TMMD tersebut intruksinya ada kegiatan fisik dan non fisik.


"Untuk non fisik TMMD sekarang ada 6 program diantaranya Ketahanan Pangan, TNI Manunggal Air, Kegiatan Stunting, Penghijauan, RTH Bersatu dengan Alam," ungkapnya.


Dalam kegiatan BKKBN ini, kata Ruddy Trenggono, pihaknya juga ada berkomunikasi dengan BKKBN Provinsi akan direncanakan untuk gelombang ini khusus Provinsi Kalimantan Barat TMMD ke 116 dilaksanakan di wilayah Kodim Sambas.


"Nanti akan dilaksanakan kegiatan kolaborasi antara TNI dalam hal ini Kodim Sambas dengan BKKBN Kalbar untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi penanganan dan pencegahan stunting kepada para ibu hamil, besar harapan kami kolaborasi antara TNI dan BKKBN Kalbar, bisa menyentuh ke masyarakat, terutama kepada ibu hamil sehingga anaknya tidak stunting, dan melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas," harapnya.


Ruddy Trenggono menambahkan untuk TMMD kegiatan fisiknya yakni pembukaan jalan dan pengerasan jalan, kemudian ada kegiatan pembuatan jembatan, perehaban rumah dan perehabahan tempat ibadah. 


"Program TMMD ini ada kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan non fisik kita melakukan sosialisasi pencegahan stunting dan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat," ujarnya.

   

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar, mengungkapkan  bahwa kedatangannya di Makodam XII/TPR, selain untuk silaturahmi juga dalam rangka menjalin mitra dengan TNI.


"Kita BKKBN Provinsi Kalbar harus terus bermitra dengan beberapa lintas sektor, salah satunya pada hari ini kita bermitra dengan Kodam XII/TPR untuk menyukseskan percepatan penurunan Stunting di wilayah Kalbar," ujarnya.


Pintauli mengatakan dengan menggandeng Kodam XII/TPR jangkauanya sangat luas, seperti Babinsa yang sampai ke level desa. Sehingga penggerakan dan pelayanan yang dilakukan juga sampai ke tingkat desa.


"Kita berharap dengan audensi ke Kodam XII/TPR ini, kita ingin mendapatkan dukungan penuh terkait apa yang menjadi program kita di Bangga Kencana, terutama penanganan percepatan penurunan stunting, akan tetapi didalamnya pun ada kegiatan lain yaitu pelayanan KB yang setiap tahun terus dilakukan," ujarnya.


Pintauli melanjutkan dengan adanya TMMD ini berharap ibu-ibu yang seharusnya dilayani dengan pelayanan KB ini dekat dengan Babinsa. 


"Jadi nantinya Babinsa lah yang akan membantu mensosialisasikan agar mereka datang ke klinik-klinik yang ada di wilayahnya dan kita berharap nanti titik pusatnya TMMD di Sambas kita berharap Sambas pun akan semakin meningkat jumlah peserta KB," harapnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini