Jepang Kurangi Impor LNG Berkat Peluncuran Kembali Reaktor Nuklirnya

Editor: Redaksi author photo

Jepang Kurangi Impor LNG Berkat Peluncuran Kembali Reaktor Nuklirnya

KALBARNEWS.CO.ID (JEPANG)
- Impor gas alam cair (LNG) ke Jepang terus mengalami pengurangan: pada tahun 2022, rata-rata volume hariannya adalah 197 ribu ton, dan pada akhir tiga kuartal tahun 2023 hanya mencapai 179 ribu ton, menurut Peta Perdagangan sumber daya – agregator statistik kepabeanan. Angka ini pada tahun sebelumnya adalah 26% di bawah angka tertinggi multi-tahun yang tercatat pada tahun 2014, ketika impor LNG ke Jepang mencapai 242 ribu ton per hari.


Dinamika ini sebagian besar terkait dengan peluncuran kembali unit tenaga nuklir, yang ditutup setelah kecelakaan di PLTN Fukushima-1 pada tahun 2011. Menurut IAEA, pada tahun 2013 pembangkitan listrik reguler dihentikan di seluruh 48 reaktor yang beroperasi di Jepang. pada saat kecelakaan itu terjadi.



 Hal ini mengakibatkan perubahan radikal dalam bauran pembangkit listrik. Pada tahun 2010, pembangkit listrik tenaga nuklir menyumbang 25,3% dari total pembangkitan listrik di Jepang, dan pada tahun 2014 pangsa pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut menyusut menjadi nol, sementara pangsa pembangkit listrik tenaga gas (CHPP) masing-masing meningkat dari 28,2% menjadi 42,4%. Akibatnya, impor LNG pada periode yang sama tumbuh sebesar 26% (dari 192 ribu ton per hari pada tahun 2010 menjadi 242 ribu ton per hari pada tahun 2014).




Namun, pada tahun 2015, Jepang memulai program peluncuran kembali reaktor nuklirnya. Hingga hari ini, 12 reaktor dengan kapasitas bersih 11 GW kembali menghasilkan listrik secara reguler termasuk unit pembangkit pertama dan kedua di PLTN Takahama yang diluncurkan kembali masing-masing pada bulan Agustus dan September 2023. 





Kedua belas reaktor yang diluncurkan kembali termasuk dalam kategori PWR, di mana air biasa digunakan sebagai pendingin dan moderator neutron. Dalam reaktor seperti itu, inti reaktor memanaskan air, yang kemudian menukar panas dengan sistem bertekanan rendah dan mengubah air menjadi uap. Kemudian uap tersebut mengaktifkan turbin.





Reaktor air mendidih ringan harus dinonaktifkan sepenuhnya termasuk reaktor PLTN Fukushima-1. Berbeda dengan PWR, pada reaktor jenis ini uap dihasilkan di bagian teras (dengan memanaskan air hingga mencapai titik didih) kemudian dialirkan ke turbin untuk menghasilkan listrik. Otoritas pengatur Jepang memutuskan untuk menonaktifkan sepenuhnya 2 reaktor dengan total kapasitas bersih 10,1 GW termasuk 6 reaktor PLTN Fukushima-1, 4 reaktor PLTN Fukushima-2 dan 2 reaktor PLTN Hamaoka.





Proses peluncuran kembali reaktor nuklir di Jepang belum selesai: hingga saat ini, 5 reaktor telah mendapat izin peluncuran kembali, dan 10 reaktor sedang menunggu keputusan akhir. Pada tahun 2023, Kabinet Jepang dalam salah satu dokumen strategisnya mengumumkan perlunya membangun reaktor generasi baru untuk menggantikan kapasitas yang akan dinonaktifkan. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini