Ratusan pelajar dan Mahasiswa kunjungi Galeri Arsip DPK

Editor: Redaksi author photo

 Ratusan pelajar dan Mahasiswa kunjungi  Galeri Arsip DPK

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
 - Ratusan pelajar dan Mahasiswa kunjungi Galeri Arsip milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pameran arsip yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Di hari pertama , pengunjung membludak , terlihat sangat antusias.

Pameran arsip berlangsung mulai Senin, 29 Januari 2024 sampai dengan Jumat tgl 2 Februari 2024. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi, pameran ini di gelar dalam rangka HUT Pemprov Kalbar Ke 67 Tahun.


Sugeng menyebutkan pameran ini menampilkan perjalanan terbentuknya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dari masa ke masa, termasuk profil Gubernur Kalbar dari dahulu hingga sekarang, capaian pembangunan Pemerintah dari tahun ketahun, serta materi arsip arsip lainnya lingkup daerah Kalimantan Barat.


"Terkait dengan sejarah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, kami menampilkan Sebanyak 500 ratusan lebih koleksi arsip, belum lagi koleksi arsip dari kabupaten / Kota ," ujar Sugeng.


Sugeng manambahkan dari 14 Kabupaten/Kota yang tidak mengirimkan perwakilan, yakni Bengkayang, Melawi, Sambas dan Sanggau. Namun, walaupun perwakilan dari kabupaten yang tidak hadir, tetap kami tampilkan materi arsipnya , sepanjang kami miliki.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi pada kegiatan pameran Kearsipan ini. Selanjutnya kepada yang belum bisa ikut serta, untuk Pameran Kearsipan dalam rangka Hut RI nantinya dapat melaksanakan Pameran bersama kami, kedepannya," harap Sugeng.


Pada pameran ini dilauching juga Sistem Informasi Kearsipan atau SI Arsip, yakni Aplikasi Arsip yang berbasis Web, sehingga bisa di akses dengan mudah oleh mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Dan untuk aplikasi ini, akan terus kami sosialisasikan supaya dapat menjadi bahan pembelajaran dan tambahan pengetahuan.



Ditambahkan sugeng, terkait dengan pameran kearsipan ini, beberapa dokumen arsip, diberikan captionnya, sehingga dapat tergambar peristiwa yg ada di arsip tersebut.


Sugeng mengimbau bagi masyarakat, pelajar dan mahasiswa yang mempunyai waktu luang, silahkan hadir. Karena banyak sekali informasi tentang sejarah pembentukan Kalbar dapat ditemukan disini. Kita masih akan melaksanakan pameran hingga Jumat 2 Februari. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini