Tiongkok Menghadirkan Generator Bertenaga Angin Terbesar Di Dunia

Editor: Redaksi author photo

Generator Bertenaga Angin Terbesar Di Dunia

KALBARNEWS.CO.ID (TIONGKOK)
- Chinese Ming Yang Smart Energy Group – perusahaan yang mengkhususkan diri pada produksi peralatan energi terbarukan, mempresentasikan prototipe turbin bertenaga angin lepas pantai berkapasitas 22 MW. 


Prototipe yang diberi nama MySE 22MW ini merupakan turbin bertenaga angin terbesar yang dikenal saat ini di bidang teknik tenaga angin lepas pantai.


Turbin yang dilengkapi rotor dengan diameter melebihi 310 meter ini cocok digunakan di wilayah yang kecepatan anginnya berkisar antara 8,5 hingga 10 meter. 



Pengembang bermaksud untuk meluncurkan produksi komersial MySE 22MW pada tahun 2024–2025. Sementara itu, Ming Yang Smart Energy Group telah mulai memproduksi analog MySE 22MW untuk operasi darat – turbin bertenaga angin MySE 11–233 dengan diameter berkisar antara 233 hingga 243 meter, yang akan dilengkapi dengan saluran listrik sepanjang 130-200 meter. menara. 



Prototipe MySE 11–233 akan dirancang untuk beroperasi di Gurun Gobi di Utara RRT dan akan mampu menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan satu bulan bagi 1.300 rumah tangga.



Panjang bilah yang besar yang dimiliki oleh MySE 22MW dan MySE 11–233 merupakan salah satu faktor yang menentukan kapasitas spesifik generator tenaga angin. Sejujurnya, dalam kondisi lepas pantai, penggunaan generator dengan bilah yang rumit mungkin sulit dilakukan karena ketidakstabilan struktur kincir angin klasik di kedalaman yang sangat dalam.



Jalan keluarnya mungkin dengan menggunakan turbin angin dengan fondasi piramidal, yang dapat membawa empat menara penghubung yang menahan bilahnya. Struktur ini mengingatkan pada dua segitiga yang memegang kincir ria. Solusi teknik masing-masing diterapkan oleh French Eolink, yang mulai membuat demo pembangkit listrik tenaga anginnya.



Penerapan komersial MySE 22MW dan MySE 11–233 akan memberikan dorongan tambahan bagi pengembangan teknik tenaga angin di Tiongkok – pemimpin global dalam tingkat pengembangan energi rendah karbon. 



Menurut Asosiasi Energi Terbarukan Internasional (IRENA), pada tahun 2022 Tiongkok menyumbang 46% dari peningkatan kapasitas generator angin dan fotovoltaik global. Porsi keseluruhan energi angin dan surya dalam campuran pembangkitan adalah 2,1% pada tahun 2012, dan tahun lalu mencapai 13,5%. (Tim Liputan)

Editor ; Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini