Bupati Ketapang Hadiri Pembukaan Pentas Seni Budaya Dayak Ke-IX Tahun 2023

Editor: Redaksi author photo

 Bupati Ketapang Hadiri Pembukaan Pentas Seni Budaya Dayak Ke-IX Tahun 2023

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) – Bupati Ketapang Martin Rantan SH, M.Sos, bersama unsur forkopimda lainya menghadiri acara Pembukaan Pentas Seni Budaya Dayak (PSBD) Ke-IX Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, yang berlangsung di Balai Sungai Kedang, Pendopo Bupati Ketapang, Sabtu (25 November 2023).


Pembukaan Pentas Seni Budaya Dayak Ke-IX ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Ketapang Martin Rantan SH.M.Sos yang sebelumnya diawali dengan acara tepung tawar dan pemotongan pelepah kelapa dan pembacaan doa. 


Dalam sambutannya, Bupati Ketapang Martin Rantan SH., M.Sos, menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan selamat dan apresiasi Kepada DAD Ketapang dan Panitia yang telah bekerja dengan kompak dan penuh dengan rasa kekeluargaan, sehingga acara ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. 


Selaras dengan tema kegiatan ini, Bupati menilai hutan bagi suku Dayak adalah simbol persatuan, menyimpan nilai historis, dan ruang mentransfer pengetahuan antar generasi. Selain itu, hutan juga menjadi bagian dari spiritualitas,” ujar Bupati. 


Oleh karena itu, Bupati Ketapang mengajak seluruh masyarakat Ketapang untuk menjaga hutan, tembawang atau dohas, yang merupakan pusat atau sumber kehidupan dan Segala usaha untuk keberlangsungan hidup keluarga Dayak dari generasi ke generasi,” tuturnya. 


Bupati juga mengatakan secara bertahap Pemerintah Kabupaten Ketapang menuntaskan pembangunan rumah adat serta melakukan pemugaran dan pemeliharaan objek-objek cagar budaya guna mendukung pelestarian budaya daerah,” tandasnya. (Fendi's)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini