14 Tahun Berdiri, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Turut Dorong Peningkatan Transaksi Produk Cokelat Di Indonesia
KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA)
– Selama 14 tahun berdiri, perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia sekaligus
bagian dari Grup GoTo terus berupaya membantu pegiat usaha lokal di seluruh
Indonesia agar dapat bertumbuh dan berkembang bersama hingga menjadi raja di
negeri sendiri. Rabu (9 Agustus 2023).
Berbagai inisiatif termasuk
inisiatif Hyperlocal yang dijalankan secara konsisten telah memberi dampak
positif terhadap bisnis para pelaku usaha di Indonesia dari berbagai bidang,
salah satunya di kategori makanan dan minuman seperti Pipiltin Cocoa.
Tokopedia menjelaskan melalui
Rizky Juanita Azuz, selaku Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia.
“Inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi
geo-tagging untuk mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada,
turut mendorong peningkatan transaksi produk Pipiltin Cocoa. Rata-rata peningkatan
hampir 4 kali lipat di beberapa wilayah seperti Kab. Kutai Timur, Kab. Ketapang,
Kota Batu, Kota Banjar, dan Kab. Jombang pada periode setahun terakhir
dibandingkan setahun sebelumnya,” imbuhnya.
Di sisi lain, pengiriman
terjauh Pipiltin Cocoa sepanjang setahun belakang adalah dari Jakarta ke Kab. Sorong
Selatan (Papua).
Pipiltin Cocoa,
Bangkitkan Penjualan dengan Tokopedia dan Konsisten Edukasi Petani Cokelat
Indonesia Dikenal sebagai brand yang fokus mengangkat cokelat lokal dan diolah
dari perkebunan cokelat organik serta telah bekerja sama dengan kurang lebih
2.000 petani cokelat di berbagai daerah di Indonesia, Pipiltin Cocoa terus
bangkit walau sempat mengalami penurunan omzet lebih dari 50% akibat pandemi.
Pemilik Usaha Pipiltin
Cocoa, Tissa Aunilla mengatakan bahwa Pipiltin Cocoa mengubah strategi penjualan
dengan memanfaatkan platform digital Tokopedia.
“Kami mendapatkan banyak
manfaat termasuk exposure lewat program-program promosi yang dihadirkan Tokopedia,
seperti rutin mengikuti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Flash Sale, Cantik Fest,
Kebut GoPay, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan saat ini penjualan kami naik
lebih dari 50% dibandingkan sebelum pandemi,” jelasnya.
Ia menambahkan, setelah
beradaptasi dengan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi sejak tahun
2020, Tokopedia berperan penting terhadap keberlangsungan bisnis Pipiltin
Cocoa. Dengan begitu, kami dapat terus mewujudkan misi untuk meningkatkan
kesejahteraan dan mengedukasi petani cokelat Indonesia agar bisa terus
meningkatkan kualitas produksi.
Konsistensi Pipiltin
Cocoa dalam menyejahterakan petani cokelat Indonesia pun diwujudkan melalui kampanye
#1000BibitUntukPetaniBali yang diluncurkan di platform digital Tokopedia dengan
tujuan untuk membantu para petani cokelat melalui pemberian 1000 bibit pohon cokelat
untuk ditanam petani di Tabanan Bali.
Kampanye ini berjalan
dan baik dan memenuhi target, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai
November 2021 dengan penjualan lebih dari 47.000 produk di Tokopedia.
“Program ini disambut
antusias oleh pelanggan kami yang membeli lewat Tokopedia. Sebelum menutup bulan
November, kami telah berhasil mencapai sesuai jumlah penjualan yang ditargetkan,”ungkap
Tissa.
Pipiltin juga bekerja
sama dengan salah satu mitra di Jepang dalam menjalankan program ‘Mari Kita Menulis
Surat Kepada Petani Kakao dan Mendapatkan Balasan!’ selama 3 tahun untuk
mendekatkan konsumen asal Jepang dengan petani cokelat asal Bali.
Tujuannya agar petani cokelat asal Bali semangat untuk memproduksi biji cokelat berkualitas. Lembar Fakta Peningkatan Transaksi Produk Kebutuhan Harian hingga Transaksi Cokelat di Tokopedia Melihat pertumbuhan transaksi produk Pipiltin Cocoa dan keberlangsungan bisnisnya, inisiatif Hyperlocal Tokopedia dan berbagai inisiatif lain yang bekerja sama dengan mitra strategis lainnya, turut memberi dampak positif pula terhadap penjualan produk cokelat dalam periode setahun ke belakang (periode data Agustus 2022-Juli 2023).
“Menurut data internal
Tokopedia dalam periode setahun ke belakang, Provinsi Papua Barat tercatat sebagai
wilayah yang mengalami kenaikan transaksi produk cokelat tertinggi dengan
kenaikan sebesar hampir 1,5 kali lipat. Masih pada periode yang sama, Tokopedia
juga mencatat produk cokelat mengalami kenaikan transaksi di berbagai wilayah,
beberapa di antaranya adalah Kab. Halmahera Tengah, Kab. Raja Ampat, Kab. Sabu
Raijua, Kab, Mamasa, serta Kab. Gayo Lues dengan rata-rata kenaikan transaksi
di beberapa wilayah tersebut sebesar hampir 9x lipat,” jelas Rizky.
Sementara menurut temuan
menarik lainnya, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kebutuhan sehari-hari
atau groceries (termasuk kecantikan dan perawatan diri serta makanan dan
minuman), rumah tangga, fesyen, elektronik, serta olahraga dan hobi jadi kategori
paling laris setahun ke belakang.
“Melihat semangat para
pelaku usaha hingga UMKM Indonesia, serta pengguna Tokopedia yang turut berkontribusi
pada pemanfaatan teknologi, dalam menyambut HUT ke-14, Tokopedia mengapresiasi pengguna
setia dengan menghadirkan kampanye ‘Tokopedia Traktir Ultah’ sepanjang bulan
Agustus 2023. #TraktirUltah memberi diskon biaya jasa aplikasi dan bebaskan
pengguna gabungkan promo, agar berbelanja online masyarakat memenuhi berbagai
kebutuhan menjadi lebih efisien,” tutup Rizky.(Tim Liputan).
Editor : Lan