Percepatan Pembangunan Kunci Turunkan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Percepatan Pembangunan Kunci Turunkan Stunting 
KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Bupati Kayong Utara Citra Duani optimis jika akses menuju Kayong Utara semakin baik, bisa berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Bila masyarakatnya sejahtera, angka stunting juga akan ikut menurun.  Demikian dikatakan usai membuka rapat koordinasi urusan pengendalian penduduk keluarga berencana dan keluarga sejahtera se Kalimantan Barat, Kamis (15 Juni 2023).


“Secara geografis penduduk di Kayong Utara memang masih kurang. Dari 6 kecamatan terdapat 43 desa, dengan jumlah penduduk kurang lebih 128 ribu jiwa. Meski masih kurang, tapi kami tetap mendukung program pengendalian penduduk keluarga berencana dan keluarga sejahtera ini. Karena jika penduduk tidak dikendalikan dikhawatirkan akan meledak,” ungkapnya.


Menurutnya, jumlah penduduk di Kayong Utara masih kurang. Bahkan untuk dijajaran pemerintahannya cukup banyak para pejabat dari luar. Meski demikian, para pejabat tersebut sudah dianggapnya sebagai orang Kayong Utara. Harapan Citra, dari mereka ini mampu menjadikan SDM di Kayong Utara semakin baik.


Lebih dalam kata Citra, kondisi infrastruktur dan akses jalan menuju Kayong diakuinya masih cukup sulit. Pandangannya, ke dua hal ini juga bertautan dengan kesejahteraan masyarakat.


Sebagai upayanya, kini tengah diupayakan kemudahan dan percepatan akses ketika menuju ke Kayong Utara. Jalan pintas hampir 120 kilometer tengah ditembus, mulai dari Sukadana-Simpang Hilir-Perawas-Simpang Dua-Tayan lalu Pontianak. Jika jalur ini bisa teraspal, maka jarak tempuh dari Pontianak ke Kayong Utara akan semakin cepat, dengan waktu perjalanan bisa tembus lima jam.   


Selain percepatan akses jalan, Kabupaten Kayong Utara juga dalam proses merealisasikan bandara. Dia menjelaskan dalam proses pembangunan bandara, pembebasan lahannya sudah seratus persen selesai. Mudah-mudahan proses pembangunan bandara tidak terkendala, sehingga ke depan ketika orang-orang ingin ke Kayong Utara tak lagi sulit.


Bila akses menuju Kayong Semakin cepat, iapun meyakini akan banyak dampak positif didapatkan masyarakat. Daya beli meningkat, pertumbuhan ekonomi bagus sehingga Pendapatan Asli Daerah turut berpengaruh, lalu masyarakatnya akan sejahtera.


Bila masyarakat Kayong Utara sejahtera persoalan stunting yang tengah dihadapi kini, juga bisa diturunkan. “Kalau sekarangkan masalah stunting disebabkan berbagai faktor. Mulai dari pertumbuhan ekonomi rendah kemudian tingkat pendidikan juga masih rendah. Makanya proses pembangunan di Kayong mesti cepat,” ungkapnya.(BP)

Editor  Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini