Duta GenRe Bawa Misi Cegah Kawin Muda

Editor: Redaksi author photo

Duta GenRe Bawa Misi Cegah Kawin Muda
KALBARNEWS.CO.ID (KAKAP) - Ketua TP PKK Kubu Raya Rosalina Muda mengukuhkan Duta Generasi Berencana (GenRe) Desa dan Duta Penurunan Stunting Kecamatan Sungai Kakap, Rabu (10 Mei 2023).

“Duta GenRe adalah perpanjangan tangan yang membawa misi dari BKKBN untuk anak-anak remaja kita agar bagaimana mereka dapat merencanakan kehidupannya nanti dalam memasuki masa berumah tangga,” terang Rosalina. 

Rosalina menuturkan generasi saat ini perlu dibimbing untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya dalam masalah pernikahan, di mana pemerintah sangat fokus mengedukasi generasi muda terkait dampak dari pernikahan di usia dini.

“Anak-anak kita zaman sekarang ini harus kita bimbing supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan dari Duta GenRe ini adalah bagaimana agar anak-anak kita merencanakan pernikahan supaya tidak kawin muda. Di mana menurut aturan usia minimal untuk menikah adalah 21 tahun bagi wanita dan 25 tahun untuk laki-laki,” jelasnya.

Lebih jauh Rosalina menjelaskan nantinya Duta GenRe akan membentuk komunitas yang menjadi wadah komunikasi generasi muda di kecamatan.

“Nanti Duta GenRe ini akan berkumpul bersama dan membentuk komunitas yang saling memberikan informasi dan edukasi tentang bagaimana menyiapkan kehidupan mereka di masa depan,” paparnya.  

Adapun terkait pengukuhan Duta Penurunan Stunting, Rosalina menerangkan hal itu merupakan bentuk komitmen bersama dalam upaya mewujudkan remaja berkualitas dan mempercepat penurunan stunting. 

Pengukuhan Duta GenRe dilakukan bersama dengan pengukuhan Bunda GenRe Kecamatan dan Bunda GenRe Desa. Bunda GenRe Kecamatan dan Bunda GenRe Desa dijabat ketua PKK kecamatan dan ketua PKK desa. Sementara Duta GenRe merupakan remaja yang belum menikah perwakilan dari setiap desa. 

Pengukuhan Bunda dan Duta GenRe serta Duta Penurunan Stunting merupakan rangkaian dari kegiatan safari halalbihalal Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama masyarakat kecamatan.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini