Begini Kesaksian Warga Saat Plt Ketua Golkar Kabupaten Kubu Raya Diduga Terjun Ke Sungai Kapuas

Editor: Redaksi author photo
Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat Pimpin Lagsung Pencarian Korban 
KALBARNEWS.CO.ID.COM (KUBU RAYA) – Ketua Pelaksana Tugas (Plt) Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya  Muhamad Iqbal Safarullah Har (43) diduga bunuh diri dengan cara terjun menceburkan diri kesungai di pangkalan pasir PD Satria Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya pada hari Minggu (14 Mei 2023) sekitar pukul 10.30 wib.

Muhamad Iqbal Safarullah Har (43) yang merupakan warga Jalan Tabrani Ahmad Komplek Anugrah Asri No. 12 Kelurahan Pal 5 Kecamatan Pontianak Barat ini merupakan Plt Ketua salah satu Partai Politik yang saat itu sedang melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari keterangan Eva Dania Alawiah yang merupakan istri korban pada saat sedang berada di Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Kubu Raya dalam rangka pengajuan caleg partai Golkar Kubu Raya, korban mengajak istrinya untuk pulang kerumah.

Akan tetapi  ternyata mengarah ke arah Desa Kuala Dua dan ketika mobil sudah masuk kearah pangkalan pasir korban mengarahkan mobil kearah Sungai Kapuas hendak menjeburkan diri tetapi dihalangi istrinya dengan mengerem tangan mobil.

Kemudian Eva Dania Alawiah keluar minta tolong dan korban juga keluar dari mobil kemudian melompat ke Sungai Kapuas dan sampai saat ini korban belum ditemukan.

Sementara itu menurut keterangan operator Eksavator, Sukadi (42) yang berada tidak jauh dari lokasi korban terjun ke sungai kapuas mengatakan bahwa pukul 10.30 Wib, Mobil Suzuki Ertiga warna silver KB 1629 CG masuk kedalam pangkalan pasir PD. Satria Desa Kuala Dua mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

“Pada saat kejadian saya sedang mengoperasikan Eksavator sekira pukul 10.30 Wib, Mobil Suzuki Ertiga warna silver KB 1629 CG masuk kedalam pangkalan pasir PD. Satria Desa Kuala Dua mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, sempat berhenti dibelakang Eksavator dan berpikir hendak membeli ikan,” ujar Sukadi.

Tidak lama kemudian mobil kembali jalan kearah seteher pangkalan PD. Satria dan berhenti didepan steher kemudian melihat adanya laki-laki dan perempuan berada didalam mobil, terjadi tarik menarik hendak keluar mobil dan melihat perempuan keluar mobil minta tolong dan menyusul laki-laki keluar dari mobil menggunakan baju kuning berjalan menuju tongkang pasir kemudian menceburkan diri dibelakang tongkang tepat berada dijangkar tongkang.

Hingga saat ini korban MIS masih dalam pencaharian aparat Gabungan TNI Dan Polri, tampak sejumlah anggota Polres Kubu Raya bersama personel TNI dibantu masyarakat mencari keberadaan korban yang terjun ke dalam sungai kapuas tersebut.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat yang turun langsung dalam upaya pencarian Muhamad Iqbal Safarullah Har ini mengatakan pada saat kejadian personilnya sedang melaksanakan kegiatan pengamanan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di KPUD Kubu Raya.

“Kemudian kami menerima laporan tentang adanya seseorang yang tejun ke sungai kapuas persisinya di pangkalan pasir PD Satria Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya, kemudian Kapolsek Sungai Raya dibackup Polres Kubu Raya, Ditpolairud Polda Kalbar, Basarnas dan TNI kemudian melakukan penyisiran dan pencarian Korban ini,” jelasnya.

Hingga Minggu Malam (14/5) Aparat gabungan dibantu Masyarakat dan fungsionaris Partai Golkar masih terus melakukan pencarian dengan menyisir sungai kapuas, sementara pencarian dengan penyelaman dihentikan sementara dan akan dilanjutkn keesokan harinya. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini