Akamai Memperkenalkan Prolexic Network Cloud Firewall

Editor: Redaksi author photo

Akamai memperkenalkan Prolexic Network Cloud Firewall
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan secara daring, hari ini mengumumkan peluncuran Prolexic Network Cloud Firewall. Kemampuan baru Akamai Prolexic memungkinkan pelanggan menentukan dan mengelola daftar kontrol akses (access control list/ACL) mereka sendiri sekaligus memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar untuk mengamankan tepi jaringan mereka sendiri. (27 April 2023).

Prolexic  adalah platform proteksi DDoS berbasis cloud Akamai yang menghentikan serangan sebelum mencapai aplikasi, pusat data, dan infrastruktur akses internet.

Ancaman terhadap DDoS kembali meningkat, sebuah tren yang dipercepat dengan meningkatnya jumlah bisnis dan organisasi yang dalam operasinya mengandalkan layanan daring. Meningkatnya ketersediaan alat dan layanan DDoS di web gelap memudahkan para penyerang meluncurkan berbagai jenis serangan ini. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke internet dan munculnya Internet of Things (IoT) telah menciptakan wilayah serangan yang lebih luas untuk dieksploitasi oleh para penjahat siber. Serangan DDoS sekarang semakin banyak digunakan sebagai salah satu dari beberapa vektor ancaman dalam serangan pemerasan rangkap tiga, biasanya digabungkan dengan penyelundupan data dan ransomware.

Meningkatnya para pelaku ancaman negara, hacktivist, dan gabungan terorganisasi serupa saat ini menggunakan DDoS sebagai bagian dari portofolio serangan mereka terhadap target yang semakin banyak serta beragam. Dalam semua skenario ini, DDoS sering digunakan untuk mengalihkan perhatian dari jenis serangan lainnya, seperti penyelundupan data atau infiltrasi jaringan. Korban yang tidak memiliki proteksi DDoS yang memadai biasanya akan menghabiskan seluruh sumber daya mereka untuk menahan satu serangan, sementara tidak memberikan rentang perhatian atau bandwidth untuk melawan ancaman lain yang diluncurkan secara paralel.

Akamai Prolexic menyediakan layanan proteksi DDoS kepada berbagai organisasi, termasuk bisnis, pemerintah, dan organisasi nirlaba. Dengan bertambahnya kapasitas mitigasi saat ini sebesar 20 Tbps, Prolexic dapat melawan bahkan ancaman terbesar, paling kompleks, seperti serangan DDoS yang memecahkan rekor di Asia (+900 Gbps) dan Eropa (+700 Mpps).

Jaringan Prolexic cloud firewall memungkinkan pertahanan yang lebih efisien dan fleksibel terhadap serangan DDoS serta bahkan memperluas kemampuan proteksi Prolexic melebihi DDoS.

Meskipun tumpukan layanan dan mitigasi Prolexic secara keseluruhan tidak berubah, penawaran baru ini memungkinkan pelanggan menentukan dan menyesuaikan aturan kontrol akses mereka sendiri serta menyediakan analisis yang sudah ada. Perbaikan termasuk kemampuan untuk menentukan pertahanan proaktif guna memblokir lalu lintas berbahaya dengan seketika, mengurangi infrastruktur lokal dengan memindahkan aturan ke tepi dan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan jaringan melalui antarmuka pengguna baru.

"Fitur yang paling diminta oleh pelanggan Prolexic kami adalah network cloud firewall," ujar Sean Lyons, Wakil Presiden Senior dan General Manager of Infrastructure Security di Akamai. "Kami memperluas kemampuan proteksi DDoS terdepan Prolexic dan memberdayakan pelanggan untuk menentukan kontrol akses serta aturan firewall secara terpusat dan cepat, untuk seluruh jaringan mereka yang diiklankan melalui jejak global Prolexic. Ini adalah alat yang hebat dalam situasi darurat, bukan hanya serangan DDoS, tetapi juga dalam skenario seperti kerentanan nol hari, di mana akses dapat ditutup dengan segera, tetapi dengan cara yang ditargetkan. Ketika kami menegakkan aturan di tepi jaringan pelanggan, mereka tidak perlu khawatir ketika semua firewall internal dikonfigurasikan – yang mungkin akan memakan waktu terlalu lama."

Akamai Prolexic menghentikan serangan dengan platform scrubbing DDoS berbasis cloud untuk melindungi aplikasi di mana pun penerapannya, baik di data center, cloud publik, maupun fasilitas kolokasi. Hal ini memberikan proteksi menyeluruh terhadap berbagai jenis serangan DDoS dan pertahanan terhadap serangan berkelanjutan bandwidth tinggi, serta serangan multivektor kompleks saat ini yang melompat dari aplikasi ke aplikasi. Prolexic menyertakan kontrol mitigasi proaktif yang disesuaikan dengan lalu lintas jaringan untuk menghentikan serangan secara langsung, didukung mitigasi aktif yang dilakukan oleh Security Operations Command Center (SOCC) Akamai global 24/7, dan memberikan Perjanjian Tingkat layanan (SLA) waktu aktif 100% yang unik kepada pelanggan.

Akamai memberdayakan dan melindungi kehidupan secara daring. Perusahaan-perusahaan terdepan di seluruh dunia memilih Akamai untuk membangun, memberikan, dan mengamankan pengalaman digital mereka — membantu miliaran orang hidup, bekerja, serta bermain setiap harinya. Dengan platform komputasi yang paling terdistribusi di dunia — dari cloud ke tepi — kami memudahkan pelanggan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi, sementara kami menjaga pengalaman yang lebih dekat dengan pengguna serta ancaman lebih menjauh. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 


Share:
Komentar

Berita Terkini