Polres Kubu Raya Sosialisasi Teknik Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal

Editor: Redaksi author photo

Polres Kubu Raya Sosialisasi Teknik Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal 
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kasat Binmas Polres Kubu Raya AKP Prambudi, S.H., sambangi Ketua Kelompok Tani Karya Kita berlokasi  Jalan Rasau Jaya Gg. Karya Kita, Desa Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya untuk mensosialisasikan Pergub Nomor 103 tentang Pembukaan Areal Lahan Pertanian dengan berbasis Kearifan Lokal, Rabu (15 Maret 2023) pagi.

Kasat Binmas Polres Kubu Raya, AKP Prambudi, S.H. menyampaikan pentingnya melakukan pembukaan lahan pertanian tanpa membakarnya dalam sosialisasi yang diadakan di Kelompok Tani Karya Kita. 

Menurutnya, teknik pembukaan lahan dengan membakar dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar, seperti polusi udara, kerusakan tanah, dan bahaya kebakaran. Oleh karena itu, Kasat Binmas menekankan pentingnya menerapkan teknik pembukaan lahan berbasis kearifan lokal yang lebih aman dan ramah lingkungan. 

"Hal ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan," kata Parambudi.

Kunjungan Kasat Binmas ke Ketua Kelompok Tani Karya Kita, mendapatkan apresiasi dari Yance. Ia mengungkapkan bahwa informasi sangat penting bagi kami sebagai petani. 

Yance juga menyampaikan bahwa kelompok tani akan berupaya untuk menerapkan teknik pembukaan lahan tanpa bakar yang telah dipelajari pada sosialisasi tersebut.

"Pertemuan ini juga membahas tentang tata cara pelaksanaan pembukaan lahan tanpa membakar yang akan dilakukan oleh kelompok tani Karya Kita. Kasat Binmas bersama personilnya memberikan arahan dan saran mengenai tata cara pembukaan lahan yang aman dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan sekitar," teranngya.

Setelah Kasat Binmas Polres Kubu Raya, AKP Prambudi, S.H., memberikan sosialisasi mengenai pembukaan lahan pertanian berbasis kearifan lokal kepada Ketua Kelompok Tani Karya Kita.

Yance sebagai ketua kelompok tani memberikan apresiasi atas informasi yang didapatkannya. Menurutnya, informasi tersebut sangat penting bagi kelompok tani dan akan berupaya untuk menerapkan teknik pembukaan lahan tanpa membakar yang telah dipelajari pada sosialisasi tersebut.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Kasat Binmas dan personilnya juga membahas tentang tata cara pelaksanaan pembukaan lahan tanpa membakar yang akan dilakukan oleh kelompok tani Karya Kita. Mereka memberikan arahan dan saran mengenai tata cara pembukaan lahan yang aman dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

“Dalam rangka mendukung kelestarian lingkungan dan meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan, kami menghimbau kepada seluruh petani dan masyarakat sekitar untuk melakukan pembukaan lahan tanpa membakarnya,”kata Prambudi. 

“Dengan menerapkan teknik pembukaan lahan berbasis kearifan lokal yang aman dan ramah lingkungan, kita dapat menjaga keseimbangan ekosistem dan meningkatkan hasil pertanian yang berkelanjutan. Mari kita bersama-sama berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui praktik pertanian yang bertanggung jawab,” sambungnya.(Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini